alexametrics

Permintaan Flexible Packaging Selama Pandemi Covid-19 Naik

28 November 2020, 18:49:15 WIB

JawaPos.com – Potensi pasar produk flexible packaging selama pandemi Covid-19 mengalami kenaikan. Produsen kemasan dalam negeri mengisi peluang pasar tersebut.
Presiden Direktur PT Trias Sentosa Tbk Sugeng Kurniawan mengatakan, selama ini kebutuhan pasar domestik terhadap produk flexible packaging tinggi. Tapi banyak diisi oleh produk impor sejenis.
Kini harga produk impor sejenis mengalami kenaikan karena terkerek nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. ”Banyak konsumen lokal yang mengalihkan permintaannya dari impor ke produk flexible packaging lokal,” katanya, Jumat (27/11).
Tercatat, selama ini produk impor sendiri menguasai 25 persen dari kebutuhan market di dalam negeri. Sehingga dampak pandemi terhadap perseroan cukup positif. Tahun ini perseroan menargetkan penjualan tumbuh 11-12 persen. Sedangkan sampai akhir September sudah tumbuh 10,7 persen.
”Kami optimistis bisa tercapai, karena masih ada sisa waktu tiga bulan,” tuturnya.

Selain itu, permintaan flexible packaging juga terdongkrak karena naiknya kebutuhan kemasan untuk produk makanan dan minuman. Selama pandemi, pasar makanan dan minuman dalam kemasan mengalami kenaikan signifikan karena banyak orang berdiam diri di rumah.

”Tidak saja domestik, pasar ekspor juga meningkat,” jelasnya. Oleh karena itu pihaknya mengembangkan produk-produk yang memiliki nilai tambah tinggi. Selama ini pihaknya mengekspor ke Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Singapura, Australia dan Amerika serta beberapa negara lainnya.

Bahkan tahun depan pihaknya optimistis bisa tumbuh lebih tinggi. Untuk mengantisipasi itu, perseroan akan menambah gudang penyimpanan dan kapasitas produksi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini: