alexametrics

Garuda Minta Akses Infrastruktur Bandara Kertajati Ditingkatkan

Rute Penerbangan Domestik Dipindah
28 Juni 2019, 09:04:24 WIB

JawaPos.com – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan kesiapannya untuk mendukung rencana perpindahan layanan operasional penerbangan rute domestik dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, ke Bandara Internasional Kertajati, Majalengka. Pemindahan operasional bandara di Wilayah Jawa Barat itu akan dilakukan mulai 1 Juli 2019 mendatang.

Melalui perpindahaan itu, rute Bandung – Denpasar yang sebelumnya dilayani Garuda Indonesia dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, nantinya akan beroperasi dari Bandara Internasional Kertajati Majalengka. Sementara itu, untuk penumpang dari Denpasar terhitung pada 30 Juni 2019 juga akan mendarat di Bandara Kertajati.

“Kami telah melakukan koordinasi intensif dengan seluruh stakeholder layanan kebandarudaraan setempat untuk memastikan kesiapan operasional layanan penerbangan dan sarana-prasana infrastruktur akses penumpang menuju Bandara Kertajati, Majalengka, dapat terakomodir dengan baik,” ujar Direktur Operasi Garuda Indonesia Bambang Adisurya Angkasa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/6).

Menurut Bambang, penumpang nantinya dapat mengakses fasilitas Damri gratis sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari pihak pengelola Damri. Tak hanya itu, ada potongan harga khusus moda transportasi travel yang rencananya akan disiapkan oleh stakeholder layanan kebandarudaraan dalam mendukung penyediaan akses sarana dan prasana menuju Bandara Internasional Kertajati.

“Kami mengimbau penumpang dapat berangkat lebih awal menuju bandara untuk mengantisipasi penyesuaian alur penumpang maupun akses menuju Bandara Internasional Kertajati,” terangnya.

Lebih lanjut, Bambang mengharapkan bahwa akses infrastruktur dari dan menuju Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, dapat terus ditingkatkan. Khususnya untuk sarana dan prasarana penunjang kebutuhan penerbangan.

“Garuda Indonesia berharap pengembangan layanan operasional melalui Bandara Internasional Kertajati di Majalengka ini ke depannya dapat terus dioptimalkan. Khususnya melalui penyediaan akses sarana prasana dan infrastruktur dari dan menuju Bandara Internasional Kertajati yang dapat memberikan berbagai pilihan kemudahaan bagi penumpang,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Bambang, perpindahan rute Kertajati-Denpasar ini diharapkan turut mempercepat pertumbuhan perekonomian baru dan pariwisata di daerah Jawa Barat dan sekitarnya melalui perluasan akses konektivitas penerbangan nasional. Denpasar sebagai salah satu hub Garuda Indonesia diharapkan dapat memudahkan mobilisasi para turis mancanegara menuju kawasan Jawa Barat.

“Sehingga ke depannya diharapkan potensi pariwisata Jawa Barat dan sekitarnya dapat terus meningkat,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, rute penerbangan Kertajati-Denpasar akan dilayani dengan menggunakan armada Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 162 penumpang setiap hari.

Penerbangan Kertajati-Denpasar akan diberangkatkan dengan nomor penerbangan GA 334 dari Bandara Kertajati pukul 06.20 waktu setempat dan tiba di Denpasar pada pukul 09.05 waktu setempat. Sedangkan penerbangan Denpasar – Kertajati akan diberangkatkan dengan nomor penerbangan GA 335 pukul 13.20 waktu setempat dan tiba di Bandara Kertajati pada pukul 14.15 waktu setempat.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Igman Ibrahim


Close Ads