alexametrics

10 Tahun, SMI Sudah Gelontorkan Rp 533 T Untuk Infrastruktur

28 Maret 2019, 17:05:21 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, infrastruktur merupakan kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Dengan demikian, peran lembaga pembiayaan sangat dibutuhkan untuk mendorong pembangunan infrastruktur. 

Melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) diharapkan dapat mendorong pembiayaan infrastruktur. Perusahaan yang sudah berjalan 10 tahun ini sudah memberikan pembiayaan baik dalam mengelola proyek komersil dan pemerintah daerah (pemda) hingga mencapai Rp 553,6 triliun.

“Capaian 10 tahun mulai dari modal awal yang disetor Rp 1 triliun, kini bisa mendapat proyek senilai Rp 553 triliun. Luar biasa itu angkanya,” kata Sri Mulyani dalam acara Satu Dasawarsa PT SMI di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/3).

Dengan demikian, Sri Mulyani mengapreasi perkembangan PT SMI dalam perannya mempercepat proyek infrastruktur melalui pembiayaan dan investasi. Namun, dirinya mengingatkan PT SMI harus semakin berkembang dalam mendorong pembangunan infrastruktur kedepannya.

“Perkembangn ini harus kita syukuri dan turut bangga. Tapi ke depan kita harus pikirkan akan seperti apa. Cobalah lihat institusi pembangunan bukan hanya yang di Indonesia,  tapi juga di dunai, jadikan benchmarking,” tuturnya.

Adapun kinerja PT SMI selama 10 tahun dalam beragram proyek infrastruktur melahirkan seperti penerangan bagi 3,2 juta rumah, air bersih untuk 8,1 juta jiwa dan mengairi 185 ribu hektar sawah, serta fasilitas kesehatan bagi 720 pasien baru per tahun. Semua proyek ini menciptakan lapangan kerja bagi 1,97 juta tenaga kerja selama masa konstruksi.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads
10 Tahun, SMI Sudah Gelontorkan Rp 533 T Untuk Infrastruktur