alexametrics

Hyundai Gelontorkan USD 750 Juta untuk Kembangkan Mobil Listrik

28 Januari 2020, 20:04:05 WIB

JawaPos.com – Grab Indonesia bekerja sama dengan PT Hyundai Motor Indonesia meluncurkan mobil listrik Hyundai Ioniq electric vehicle (EV) sebagai salah satu armada Grab Car. Grab menargetkan tahun ini ada 500 unit mobil listrik akan mengaspal.

Untuk tahap awal, sebanyak 20 mobil listrik (moblis) Hyundai Ioniq resmi meluncur. Mobil-mobil listrik tersebut akan digunakan Grab untuk mengantarkan penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta.

“Charging sekali saja pemakaian maksimum, penumpangnya ada internasional dan domestik,” ujar Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Senin (27/1).

Hyundai Ioniq EV merupakan mobil listrik yang berdaya tempuh tinggi. Dalam sekali pengisian penuh, mobil tersebut mampu menempuh jarak hingga 375 kilometer.

Presiden Direktur Hyundai Motors Indonesia Sung Jong Ha mengatakan, pengadaan mobil itu merupakan salah satu cara agar Indonesia bergerak menuju negara ramah lingkungan. Selain untuk Grab, Hyundai Indonesia akan memasarkan mobil listrik tersebut kepada masyarakat luas.

Pihak Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjelaskan, produsen mobil asal Korea Selatan tersebut sangat serius untuk mengembangkan populasi mobil listrik di Indonesia. Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjelaskan, Hyundai bersiap membangun pabrik pada Maret 2020 dan merealisasikan investasi tahap pertama senilai USD 750 juta.

Sebelumnya, Hyundai menyatakan komitmen investasi hingga USD 1,5 miliar untuk membangun pabrik yang terbagi dalam dua tahap.

“Hyundai juga berkomitmen menambahkan investasi USD 500 juta untuk jaringan diler dan layanan purna jual. Investasi USD 1,5 miliar adalah untuk pembangunan pabrik Hyundai yang dimulai 2020, untuk produksi 2021, kemudian akan dilanjutkan tahap kedua di 2021,” ujar Bahlil.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (agf/c25/oki)


Close Ads