JawaPos Radar

BBM Tidak Naik, Bagaimana Nasib Keuangan Pertamina?

27/12/2017, 13:21 WIB | Editor: Mochamad Nur
BBM Tidak Naik, Bagaimana Nasib Keuangan Pertamina?
Ilustrasi kantor pusat PT Pertamina (Persero) Jakarta (DOK.DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah telah memutuskan untuk tidak menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dan premium hingga Maret 2018. Keputusan itu pun dianggap kontroversi karena bisa membahayakan keuangan PT Pertamina (Persero).

Pasalnya, saat ini harga minyak dunia tengah mengalami lonjakan. Tercatat, standar WTI Crude Oil berada pada kisaran USD 57 per barel. Sementara Brent Crude (ICE) berada pada kisaran USD 66.79 per barel.

BBM Tidak Naik, Bagaimana Nasib Keuangan Pertamina?
Ilustrasi petugas SPBU Pertamian tengah mengisi BBM konsumen (Dok.JawaPos.com)

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Pertamina, Elia Massa Manik mengatakan, pihaknya akan melihat perkembangan harga minyak dunia dalam tiga bulan ke depan. Namun, saat ini harga minyak dunia dianggap masih pada batas kenaikan yang wajar.

"Kita harus bicara average, memang dia naik. Nanti kita lihat 3 bulan apakah ini turun atau tidak. Jadi kalau kita lihat Sampai november itu harga crude rata-rata USD 50 per barel, tahun lalu USD 38 per barel," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (27/12).

Meski demikian, dirinya memastikan bahwa keuangan perseroan baik-baik saja. Hal itu ditegaskan dengan perolehan laba hingga kuartal III-2017 mencapai USD 1,99 miliar.

Untuk itu, pihaknya menegaskan bahwa tidak keberatan dengan keputusan tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan terus mengamati perkembangan harga minyak dunia selama 3 bulan kedepan.

"Kemarin saya sebenarnya sudah announce, kalau tahun ini secara finansial pertamina masih membukukan laba. Kemarin per september masih ada laba USD 1,99 hampir USD 2 miliar. Yang sekarang lagi kita jaga itu cash flow supaya tidak ada gangguan. Nanti kita lihat perkembangan 2-3 bulan ke depan," pungkasnya. 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up