alexametrics

Fokus di Infrastruktur, Sumber Daya Konstruksi Jadi Kebutuhan Utama

27 Oktober 2017, 15:43:04 WIB

JawaPos.com – Pemerintahan Jokowi-JK tetap fokus dalam pengembangan infrastruktur guna mengejar ketertinggalan dalam penyediaan sarana dan prasarana. Selama tiga tahun, pemerintah telah berhasil menyelesaikan pembangunan jalan tol, bendungan, pembangkit listrik dan sejumlah infrastruktur lainnya.

“Sampai akhir tahun 2019 diperkirakanakan akan ada tambahan jalan tol sepanjang 1.851 kilometer, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum yang mampu menghasilkan 70.471 liter/detik air bersih,” ujar Plt Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Danis Sumadilaga dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (26/10).

Diungkapkan, selama 3 tahun masa pemerintahan telah dibangun 39 bendungan yang nantinya akan menambah luas pasokan irigasi waduk dari semula 761.542 hektare (11 persen) menjadi 859.626 hektare (12,9 persen).

Sementara panjang jalan tol baru selama tiga tahun terakhir mencapai 568 kilometer. Di sektor penyediaan rumah, total rumah yang dibangun selama tiga tahun mencapai 2.204.939 unit.

“Infrastruktur dengan skala besar seperti itu, tentunya harus didukung dengan industri konstruksi dan kesiapan rantai pasok konstruksi sumber daya konstruksi yang handal,” imbuh Danis.

Menurutnya, sumber daya konstruksi yang diperlukan meliputi pemasok bahan bangunan/material, peralatan konstruksi, teknologi konstruksi, dan termasuk pemasok tenaga kerja konstruksi.

“Ketersediaan sumber daya konstruksi akan memastikan kehandalan sumber daya konstruksi dalam guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur,” katanya.

Pemerintah, kata Danis, sangat membutuhkan peran swasta dalam pengembangan infrastruktur nasional.

Danis berharap pelaksanaan ajang pameran Konstruksi Indonesia 2017 pada 8-10 November 2017 di Jakarta Convention Center bisa jadi ajang berkumpulnya stakeholders konstruksi dalam dan luar negeri untuk mencari solusi dalam mendukung ketersediaan pasokan sumber daya konstruksi.

Editor : admin

Reporter : (nas/JPC)


Close Ads
Fokus di Infrastruktur, Sumber Daya Konstruksi Jadi Kebutuhan Utama