alexametrics

INACA: Kenaikan Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat Tidak Terlalu Mendesak

26 Oktober 2018, 07:47:44 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi sinyal akan menaikkan tarif batas bawah untuk tiket pesawat. Rencananya, kenaikan itu akan dilakukan menjadi 35 persen dari sebelumnya 30 persen. Namun, wacana itu masih akan didiskusikan terlebih dahulu.

Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menilai rencana itu tidak perlu dilakukan. Saat ini, kenaikan tarif batas bawah tidak terlalu mendesak.

“Sebenarnya bisa naik. Ada 12 sub classes. Tarif batas bawah sebenarnya tidak perlu dilakukan tapi kita bisa lakukan di subclasess. Tidak terlalu mendesak,” ujarnya dalam konferensi pers  di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (25/10).

Dia menjelaskan industri penerbangan perlu menyesuaikan kenaikan harga penunjang operasional pesawat. Salah satunya adalah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pesawat, yakni avtur, yang menjadi beban penerbangan. Gejolak harga minyak dunia membuat harga avtur sulit diprediksi.

Meski demikian, saat ini permasalahan tersebut sudah bisa diatasi INACA. Menurutnya, dampak kenaikan harga BBM bisa dioptimalkan melalui tarif pada kelas bisnis. “Karena instrumen itu sudah diberikan regulator kepada airline. Kita bisa masih main di bussines class,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (hap/JPC)



Close Ads
INACA: Kenaikan Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat Tidak Terlalu Mendesak