alexametrics

Volume Penumpang Turun, Pelni Mulai Angkut Batubara Milik PLN

26 Januari 2019, 10:20:31 WIB

JawaPos.com – Memasuki 2019, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI memulai babak baru dalam transportasi laut. Perusahaan yang selama ini dikenal sebagai angkutan laut penumpang antar pulau ini, siap mengangkut komoditi batubara serta angkutan barang lain untuk kebutuhan proyek milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) – PLN.

Pengangkutan batubara PLN menjadi titik kebangkitan PELNI melayani angkutan barang curah. Titik kebangkitan angkutan barang curah ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman, MoU pengangkutan logistik yang dilakukan oleh Supangkat Iwan Santoso, Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN (Persero) dan Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Harry Boediarto Jumat (25/1) di Kantor PLN, Jakarta.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT PELNI (Persero), Harry Boediarto mengatakan pengangkutan batubara dan angkutan logistik PLN merupakan upaya PELNI bertransformasi dari angkutan penumpang sebagai angkutan penugasan dan angkutan barang sebagai angkutan non Public Service Obligation (PSO).

Kegiatan mengangkut barang milik perusahaan BUMN ini diharap bisa berkontribusi kepada pendapatan non-PSO Pelni ke depan.

“Tanda tangan MoU ini menjadi momen penting transformasi bisnis dari angkutan penumpang ke angkutan barang,” terang Harry.

Sebab, dengan maraknya pembangunan infrastruktur bandara di beberapa wilayah telah mendorong meningkatnya dunia penerbangan dengan hadirnya tiket berbiaya murah atau LCC. Salah satu imbas dunia penerbangan, pelanggan kapal PELNI menurun rata-rata 7 persen per tahun.

Pada 2012 tercatat 4,82 juta pelanggan pada 2018 pelanggan PELNI menjadi 3,62 juta pelanggan. “Menurunnya pelanggan PELNI mendorong perseroan berusaha memaksimalkan kompetensi sumberdaya PELNI untuk mencari pelanggan baru, khususnya angkutan barang,” tambah Harry.

Untuk melayani angkutan batubara PLN, pada tahap awal PELNI menyiapkan kapal angkutan curah agar dapat menyuplai bahan baku batubara untuk kebutuhan listrik PLN di berbagai wilayah.

PELNI dengan pengalamannya melayari seluruh perairan Nusantara siap mengangkut batubara dan angkutan logistik lainnya. Ke depan, PELNI berharap dapat menjadi bagian dari proses bisnis PLN, untuk memenuhi kebutuhan listrik di tanah air. “Kami berharap sinergi PLN-PELNI dapat berkelanjutan untuk saling memenuhi kebutuhan dan mendapatkan manfaat bersama dalam kerjasama ini,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti


Close Ads
Volume Penumpang Turun, Pelni Mulai Angkut Batubara Milik PLN