alexametrics

DPR Dukung Langkah Tegas Pemerintah Atasi Penambangan Emas Liar

25 September 2021, 21:59:00 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mendukung langkah Tim Gabungan Pusat yang terdiri dari Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri menertibkan aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di lokasi PT Bulawan Daya Lestari (BDL), Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Itu memang tugasnya KLHK khususnya Gakkum,” ujarnya, dikutip Sabtu (25/9).

Daniel juga meminta agar pengawasan di lapagan terus dilakukan baik oleh KLHK maupun Polri. Selain itu, tindakan tegas secara penegakan hukum harus dilakukan jika PT BDL terus nekat beroperasi.

“Memang harus dilakukan (pengawasan dilapangan, red). Yang penting sesuai undang-undang dan peraturan yang ada,” tuturnya.

Sebelumnya, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) KLHK Ruandha Agung Sugardiman membenarkan adanya sidak yang dilakukan Tim Gabungan Pusat tersebut pada 11 September 2021 lalu.

Ruandha mengungkapkan, setelah ada pengaduan dan protes dari warga yang mengatakan masih ada aktivitas penambangan pada area itu, Ia kemudian meminta Dirjen Gakkum KLHK untuk melakukan sidak di lapangan memastikan kebenarannya.

“Ini ada beberapa laporan dari masyarakat yang kami terima. Setelah itu kami sampaikan ini kepada Dirjen Penegakan Hukum untuk bisa sidak di lapangan apakah benar laporan dari masyarakat itu ada kegiatan di lapangan yang tetap dilakukan,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads