alexametrics

Terbang ke Swiss, Airlangga Rayu Qualcomm Investasi di Indonesia

25 Mei 2022, 22:55:06 WIB

JawaPos.com – Pemerintah getol mengajak perusahaan multinasional untuk menanamkan modal di tanah air. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto telah melakukan pertemuan dengan CEO Qualcomm Cristiano Amon di Davos, Swiss. Mereka membicarakan potensi investasi sektor digital di tanah air.

Airlangga menjelaskan, perkembangan ekonomi digital di RI cukup pesat. Pada 2021, terdapat transaksi komersial lebih dari USD 27 miliar atau sekitar Rp 400 triliun dengan lebih dari 2.300 perusahaan rintisan.

“Hal itu menempatkan Indonesia sebagai negara ke-5 di dunia dengan jumlah start-up terbanyak,” ujarnya Senin.

Ditambah, Indonesia memiliki 370 juta pengguna koneksi seluler dan 204 juta pengguna internet atau 74 persen dari total populasi. Dia menyebutkan, nilai transaksi uang elektronik juga melebihi USD 2,4 miliar atau berkisar Rp 35 triliun per Desember 2021.

Menurut dia, berbagai upaya telah dilaksanakan pemerintah untuk mendukung proses transformasi digital. Termasuk mendorong iklim bisnis dan investasi pada sektor digital.

“Dengan transformasi sejumlah regulasi investasi, Qualcomm dapat mengembangkan jaringan bisnisnya ke Indonesia. Khususnya pengembangan infrastruktur 5G dan sektor digital lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (dee/c12/dio)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads