JawaPos Radar

Dalam Sebulan, Piala Dunia Bikin Transaksi E-Commerce Naik 27 Persen

24/07/2018, 09:11 WIB | Editor: Mochamad Nur
Dalam Sebulan, Piala Dunia Bikin Transaksi E-Commerce Naik 27 Persen
Ilustrasi Piala Dunia Rusia 2018 (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Euforia piala dunia yang dihelat belum lama ini telah memberikan menguntungkan bagi pelaku bisnis, termasuk para pelaku bisnis e-commerce. Termasuk di Indonesia.

Shopback mencatat terjadi peningkatan sekitar 20-80 persen pada traffic kunjungan dan pageviews di keenam e-commerce terbesar di Indonesia, yakni Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak dan JD.ID. Jumlah kunjungan pun stabil cenderung naik hingga berakhirnya ajang Piala Dunia.

Sementara itu, nilai transaksi pun mengalami peningkatan hingga 27 persen selama satu bulan pelaksanaan Piala Dunia 2018. Hal ini terlihat dari histori transaksi yang terjadi di Shopback Indonesia dari 15 Juni hingga 15 Juli 2018.

Dalam Sebulan, Piala Dunia Bikin Transaksi E-Commerce Naik 27 Persen
Ilustrasi belanja lewat e-commerce (Pixabay.com)

Shopback, merupakan platform gaya hidup yang mendukung masyarakat untuk belanja online secara cermat dan bijak. Saat ini, Shopback, memiliki lebih dari 100 mitra e-commerce di Indonesia serta lebih dari 2 juta pengguna melakukan transaksi di Shopback.

Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan mengatakan, biasanya seusai momen Ramadan, transaksi e-commerce cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tahun ini menunjukkan hal yang sebaliknya, jumlah transaksi di platform e-commerce rata-rata mengalami peningkatan hingga 25 persen.

“Ada dua faktor yang menjadi pemicu dari peningkatan ini, yakni daya beli masyarakat semakin meningkat, serta momen piala dunia yang dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk merangkul lebih banyak pengguna dengan beragam promo,” ujar Indra dalam keterangan resmi, Selasa (24/7).

Adapun kategori produk yang mengalami peningkatan cukup signifikan, yakni Fesyen, Pulsa, Travel, Mobile/Gadget serta Makanan. Indra Yonathan mengatakan, makanan dan pulsa merupakan dua produk yang mengalami peningkatan yang tidak biasa untuk bulan Juli.

“Kenaikan ini bisa saja terjadi karena pengaruh Piala Dunia, dimana masyarakat membutuhkan pulsa atau paket data untuk melakukan streaming negara favorit mereka atau berinteraksi di sosial media untuk menyemarakan euforia Piala Dunia,” ujarnya.

Terkait produk fesyen, jersey bola cukup banyak dicari di platform ecommerce, berdasarkan data dari Alexa.com, 19,31 persen share of voice keyword “jersey bola” di Indonesia ada di Tokopedia, dan sisanya muncul di beberapa platform marketplace ternama lainnya, seperti Lazada (13,05%), Bukalapak (12,9%), JD.ID (7,53%), dan Blibli.com (5,43%).

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up