alexametrics

Sindir Keras Lion Air, DPR: Tidak Ada Budaya Keselamatan

22 November 2018, 16:03:14 WIB

JawaPos.com – Insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 PK LQP di Perairan Tanjung Karawang masih membekas bagi banyak pihak. Kejadian naas itu merenggut seluruh nyawa yang ada di dalam pesawat tersebut.

Anggota Komisi V DPR, Bambang Haryo mengaku prihatin dengan apa yang terjadi pada Lion Air. Dia menyebut si ‘Singa Merah’ seperti tidak memiliki budaya keselamatan bagi penumpangnya.

“Kami ikut prihatin sekali dan berduka atas musibah ini. Semoga tidak terjadi lagi. Hanya mungkin kami ingin menekankan ke pak Menhub (Budi Karya). Tentang kepedulian daripada airline (maskapai) terhadap budaya keselamatan. Tidak ada budaya keselamatan pak,” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (22/11).

Kondisi itu, lanjut Bambang, makin diperkuat oleh beberapa kendala keterlambatan penerbangan sang burung besi. Dia menilai Lion Air tidak melakukan perbaikan dari pengalaman di masa lalu.

“Airline ini sering dikomplain atau sering di apa ini oleh pelanggannya. Dari on time performance juga (buruk). Jadi ini sebetulnya tidak boleh terjadi atau dilakukan oleh yang bersangkutan,” ungkapnya.

Selain itu, Bambang juga meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajarannya agar lebih memperkuat pengawasan di dunia penerbangan. Sebab, Kemenhub punya tanggung jawab besar dalam menjaga keselamatan di sektor transportasi.

“Kami juga menyampaikan ke pak Menhub untuk jajarannya pak. Karena bagaimanapun juga sesuai UU nomor 1 pasal 308, maupun 312 yang disini semuanya tanggung jawab keselamatan juga pengawasan ada di Kemenhub, atau bahkan dituliskan Menteri Perhubungan,” tutupnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Sindir Keras Lion Air, DPR: Tidak Ada Budaya Keselamatan