alexametrics

Kembangkan Herbal, Indofarma Siap Pasok Produk Ekstrak ke Mustika Ratu

22 Juli 2020, 06:15:22 WIB

JawaPos.com – PT Indofarma Tbk menjalin kerjasama dengan PT Mustika Ratu Tbk untuk mengembangkan produk pengobatan herbal. Kerjasama mencakup penyusunan kajian kelayakan usaha seperti kerjasama pemasaran dan distribusi existing product masing-masing pihak untuk Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) channel.

Perjanjian ini ditandatangani Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto, dan Bingar Egidius Situmorang selaku Presiden Direktur Mustika Ratu, di Jakarta, Selasa (21/7).

Arief menambahkan bahwa kerjasama juga meliputi pengembangan portofolio produk Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka, kerjasama toll manufacturing, baik parsial maupun all package mulai dari registrasi, bahan baku, produksi, hingga pengemasan.

“Kami juga akan berkolaborasi mengembangkan portofolio produk baru dan existing product, joint operation, product ownership, rejuvenating desain dan produk,”ujar Arief.

Selain itu, Indofarma juga akan menyediakan produk ekstrak untuk Mustika Ratu sesuai kebutuhan dengan kualitas dan mutu terjamin. Menurut Arief, kerjasama ini dinilai tepat karena Indofarma memiliki fasilitas produksi herbal bersertifikat Industri Ekstrak Bahan Alam (IEBA) dan Sertifikat Halal.

“Kita punya fasilitas produksi yang cukup lengkap dan kualitas tinggi. Kita nantinya akan mengembangkan produk herbal dan menyediakan ekstrak, sehingga diharapkan bisa melengkapi channel distribusi Indofarma juga nantinya. Kita berharap kerajsama ini bisa kontinyu,”kata Arief.

Arief menambahkan, dari kerjasama ini tentunya juga akan sedikit meningkatkan bisnis herbal dari Perusahaan. Diketahui, Indofarma merupakan perusahaan yang juga bergerak di industri Herbal, tidak hanya di industri Farmasi dan Alat ksehatan (Alkes) saja. “Belum besar sih, hanya saja ini jadi salah satu cara kami dalam rangka meningkatkan Herbal,”ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang menambahkan, melalui kerjasama ini diharapkan ada kolaborasi dalam pengembangan herbal asli Tanah Air sehingga bisa membantu pemerintah. Melalui kerjasama ini juga, Mustika Ratu berkomitmen menghadirkan produk berkualitas yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

“Dengan adanya kerjasama ini, Mustika Ratu bisa dapat bahan baku yang lebih besar serta berkualitas. Volume produksi besar, ongkos produksi lebih rendah (efisien) dan kita bisa segera pasarkan. Indofarma juga bisa meriset herbal-herbal lainnya untuk kebutuhan kosmetik kita. Ini akan jadi kolaborasi yang sangat baik,” pungkas Bingar.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin



Close Ads