alexametrics

Setiap Hari 7.197 Ton Minyak Goreng Curah Didistribusikan

22 April 2022, 17:07:30 WIB

JawaPos.com – Program penyediaan minyak goreng curah untuk kebutuhan masyarakat, usaha mikro, dan usaha kecil terus bergulir. Angka pemenuhan distribusi juga meningkat. Per 19 April 2022, data Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (Simirah) menunjukkan, penyaluran migor curah bersubsidi selama 19 hari pada bulan ini mencapai 136.720 ton. Atau rata-rata 7.197 ton/hari.

Angka tersebut sesuai perkiraan Kemenperin pada pekan lalu. Yakni, distribusi minyak goreng curah bersubsidi pada minggu ketiga April 2022 mencapai rata-rata 7.000 ton per hari. Jumlah itu telah memenuhi kebutuhan secara nasional.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada para produsen minyak goreng sawit dalam program itu yang terus memacu distribusinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta Rabu (20/4).

Menperin menegaskan bahwa pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, serius dan berkomitmen menjalankan tugas untuk menyediakan minyak goreng curah bersubsidi di pasar sesuai dengan harga yang telah ditetapkan. Yaitu, Rp 14.000/liter atau Rp 15.500/kilogram.

Terkait kasus ekspor minyak goreng sawit yang tengah ditangani Kejaksaan Agung, Agus menyebutkan bahwa itu merupakan proses penegakan hukum dan tidak berkaitan dengan program penyediaan minyak goreng curah bersubsidi untuk masyarakat.

“Kami berharap kejadian ini tidak menyurutkan semangat positif yang sudah dibangun. Untuk itu, pemerintah akan semakin memperkuat pengawasan di semua lini distribusi,” ujar Menperin.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (dee/c6/dio)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads