alexametrics

Anak 6-17 Tahun Tak Perlu Antigen jika Sudah Vaksin Dosis Kedua

22 April 2022, 09:52:26 WIB

JawaPos.com – Pemerintah dalam rangka menindaklanjuti dinamika situasi pandemi Covid-19 terus melakukan penyesuaian. Salah satunya terhadap ketentuan hukum perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19.

Terkait hal itu, Satgas Covid-19 pun menghapus ketentuan syarat antigen bagi anak usia 6-17 tahun saat mudik Lebaran 2022. Hal tersebut merupakan update aturan antigen untuk pelaku perjalanan dalam negeri saat mudik lebaran 2022.

Kebijakan itu tertuang dalam Addendum Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Covid-19. Aturan juga telah ditandatangani oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto per 18 April 2022.

“Tujuan Addendum Surat Edaran
ini adalah untuk melakukan pencegahan terjadinya peningkatan penularan Covid-19,” tulis ketentuan tersebut dikutip, Jumat (22/4).

Bagi PPDN dengan usia 6-17 tahun dan telah menerima vaksin dosis kedua dikecualikan terhadap kewajiban menunjukkan hasil negatif rapid test antigen. Akan tetapi, mereka wajib melampirkan kartu atau sertifikat vaksin dosis kedua.

Hal tersebut berlaku kepada PPDN dengan moda transportasi udara, laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan, dan kereta api antarkota dari dan ke daerah di seluruh Indonesia.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads