alexametrics

Dua Pesan Mantan Komisaris Utama Garuda untuk Triawan Munaf

22 Januari 2020, 13:57:36 WIB

JawaPos.com – Perusahaan maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah mengganti struktur dan jajaran manajemen. Mantan Komisaris Utama (Komut) Garuda Sahala Lumban Gaol menyampaikan beberapa pesan kepada komisaris utama yang baru, yaitu Triawan Munaf.

“Pesan saya kepada Pak Triawan, perusahaan Garuda bukan perusahaan yang sederhana. Ada dua hal,” ujarnya di Cengkareng, Rabu (22/1).

Pertama, katanya, Triawan diharapkan bisa berkomunikasi baik dengan jajaran direksi. Sehingga, bersama direksi, manajemen bisa memberikan pembinaan pada para pilot dan awak kabin.

Sahala mengatakan, pilot Garuda terdiri dari para profesional, yang menentukan baiknya layanan perseroan. Pilot Garuda kerap menemui turbulensi saat menjalankan tugas. Artinya, kata Sahala, profesionalitas pilot Garuda berperan besar dalam menjamin keselamatan penumpang.

Bahkan mungkin, lanjut Sahala, ‘turbulensi’ yang dialami manajemen tidak seberat yang dihadapi pilot di lapangan. “Ada pilot bilang sama saya kalau tiba-tiba dia terbang gelap atau turbulensi (dibandingkan dengan) yang dialami (manajemen) Garuda, (maka yang manajemen alami itu) enggak ada apa-apanya,” katanya.

Demikian pula dengan pembinaan terhadap awak kabin. Sahala mengingatkan, citra perusahaan terbentuk berkat kerja para awak kabin. Atas dasar itu, dia berharap manajemen baru bisa memberikan pembinaan yang baik.

Kedua, kata Sahala, Garuda diharapkan meningkatkan kinerja di bisnis kargo. Pasalnya, bisnis kargo ini dibutuhkan untuk membantu ekspor, di sisi lain menjadi sumber pendapatan perseroan.

“Garuda Indonesia harus berperan mendukung ekspor Indonesia ke nagara lain. Kondisi sekarang air cargo sangat menentukan,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads