JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kebut Banyak Proyek, Jasa Marga Target Operasikan 1260 Km Tol di 2019

21 September 2018, 07:29:55 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Kebut Banyak Proyek, Jasa Marga Target Operasikan 1260 Km Tol di 2019
Ilustrasi salah satu ruas jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Di tengah agresifitas penyelesaian proyek jalan tol, Jasa Marga tetap fokus dalam menjaga pertumbuhan EBITDA. Beberapa proyek jalan tol ditargetkan rampung pada tahun 2019, sehingga memerlukan pendanaan yang terencana.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan Jasa Marga saat ini sedang masif dalam pembangunan jalan tol. Hal tersebut sejalan dengan program Pemerintah di bidang infrastruktur. Pada tahun 2015 jalan tol beroperasi sepanjang 590 km.

BUMN pengelola jalan tol terpanjang ini berharap bisa mengoperasikan 1260 km jalan bebas hambatan tahun depan.

Desi mengungkapkan saat ini Jasa Marga tengah fokus untuk menyelesaikan proyek jalan tol yang masuk dalam jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, yaitu Proyek Jalan Tol Cinere-Serpong, Proyek Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Proyek Jalan Tol Kunciran-Cengkareng, yang ditargetkan beroperasi tahun 2019.

Di tengah kondisi pasar yang dinamis dan sentimen yang dipengaruhi oleh melonjaknya kurs dolar AS, keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. tercatat stabil. Hal ini tidak terlepas dari seluruh pinjaman Perseroan, termasuk Komodo Bond, adalah dalam bentuk mata uang rupiah sehingga tidak memiliki risiko dengan adanya kurs dolar naik. Selain itu, material konstruksi pembangunan jalan tol berasal dari dalam negeri sehingga tidak berdampak dengan adanya kenaikan dolar AS.

Dari sisi kinerja keuangan, Jasa Marga berhasil menjaga pertumbuhan EBITDA. Pada semester I tahun 2018, EBITDA mencapai Rp 2,9 Triliun atau tumbuh 10,4 persen dibanding periode yang sama tahun 2017. "Jasa Marga saat ini fokus dalam meningkatkan EBITDA Growth," tutur Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal.

Aset Perseroan pun tumbuh cukup signifikan, yaitu menjadi Rp 87,5 Triliun pada semester I tahun 2018 atau meningkat sebesar 10,5 persen dibandingkan dengan di akhir tahun 2017. Pada semester I tahun 2018 tercatat laba bersih Jasa Marga sebesar Rp1,05 Triliun, meningkat 2,9 persen dari periode yang sama tahun lalu.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up