alexametrics

Bentuk Ekosistem, Perusahaan Digital Berinvestasi di Startup

21 Mei 2022, 15:24:33 WIB

JawaPos.com – Perusahaan digital berusaha menciptakan strategi bisnis jangka panjang agar tetap bisa bersaing. Langkahnya bisa saja dengan berinvestasi di perusahaan digital lainnya atau rintisan (startup) .

Menurut Founder OMG Creative Consulting Yoris Sebastian, perusahaan digital kini juga banyak berinvestasi di perusahaan digital lainnya terutama di startup. Hal itu suatu yang biasa dalam bisnis dan demi menciptakan ekosistem. Baik di dalam maupun di luar negeri.

“Kini eranya kepemilikan saham di satu perusahaan jumlahnya kecil dan dipegang oleh banyak investor,” ujar Yoris Sebastian kepada JawaPos.com, Sabtu (21/5).

Adapun perusahaan digital yang berinvestasi di perusahaan serupa seperti yang dilakukan Bukalapak terhadap Allo Bank; Gojek dan Grab berinvestasi di LinkAja; dan Akulaku membeli saham Bank Neo. “Saham yang dibeli oleh perusahaan digital tersebut terbilang tidak terlalu besar, namun mereka tetap tertarik untuk berinvestasi di perusahaan yang sudah berjalan baik,” imbuhnya. Jauh sebelum itu langkah serupa telah dilakukan oleh Google di berbagai perusahaan yang sudah berjalan.

Yoris menuturkan, biasanya pemilik dari perusahaan yang diakusisi dijadikan komisaris. Seperti Tokopedia yang mengakusisi Bridestory dan Parentstory. Pendiri tetap menjadi pemegang saham minioritas bersama dengan pemegang saham minoritas lainnya. Namun, investor tetap mempercayakan jalannya perusahaan kepada pendirinya. Investor membeli karena foundernya, bukan idenya semata. Investor tersebut tetap membutuhkan foundernya untuk membesarkan perusahaan yang mereka beli.

Langkah perusahaan digital yang membeli beberapa saham perusahaan dinilai sebagai salah satu langkah coopetition (bekerja sama), bukan competition (bersaing satu dengan yang lainnya). Banyak perusahaan digital global saat ini melakukan coopetition dibandingkan competition, sehingga tujuan lain dari akusisi ini adalah menguragi perang harga yang tidak sehat. Hal ini menciptakan ekosistem yang lebih sehat dan besar.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads