alexametrics

Kemenhub Imbau Masyarakat Tak Fokus Gunakan Rest Area di Ruas Tol

21 Maret 2019, 17:21:15 WIB

JawaPos.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat agar saat pelaksanaan mudik 2019, tidak fokus menggunakan rest area yang hanya ada di ruas jalan tol. Sebab, pihaknya bersama PT Jasa Marga (Persero) juga memperbanyak rest area.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, rest area saat mudik lebaran 2019 juga akan disiapkan pada jalan-jalan nasional. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan di rest area yang ada dalam ruas jalan tol.

“Dengan demikian kita akan menyampaikan jauh-jauh hari ke masyarakat bahwa selama angkutan lebaran 2019 yang kita laksanakan, yang dimaksud rest area bukan yang hanya di jalan tol saja. Jadi masyarakat bisa keluar jalan tol untuk masuk ke kota-kota,” ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (21/3).

Budi mencontohkan, masyarakat bisa keluar di Tol Brebes Barat untuk singgah di rest area yang ada di sekitar jalan nasional. Selanjutnya, masyarakat kemudian bisa masuk kembali melalui Tol Brebes Timur untuk melanjutkan perjalanan.

“Pada prinsipnya saat butuh istirahat, katakan keluar dari Brebes Barat kemudian masuk lagi di Brebes Timur atau masuk algi di Tegal,” tuturnya.

Dia berharap, dorongan untuk masyarakat menggunakan rest area di jalan nasional juga bisa memberi dampak positif bagi perekonomian UMKM yang ada di sekitarnya. “Sekaligus ini kita dorong supaya masyarakat atau kegiatan ekonomi di kota-kota yang katakan lagi panen atau lainnya. Intinya kita doorng jangan hanya berpegangan bahwa rest area hanya di kir kanan jalan tol,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Hana Adi

Copy Editor :

Kemenhub Imbau Masyarakat Tak Fokus Gunakan Rest Area di Ruas Tol