alexametrics

Kemenhub Buka Opsi Gunakan Tol Layang Jakarta-Cikampek Saat Mudik 2019

21 Maret 2019, 16:17:20 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka opsi untuk menggunakan tol layang Jakarta-Cikampek saat mudik lebaran 2019. Hal itu dilakukan agar bisa membantu mengurai kepadatan di jalur tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak PT Jasa Marga (Persero) terkait kesiapannya. Jika memungkinkan, tol layang itu akan digunakan secara fungsional.

“Dari Jakarta sampai Cikampek itu yang kemudian menjadi persoalan apakah tol elevated sudah selesai. Kalau dua minggu yang lalu saya dapat info dari dirut Jasa Marga (Dessy), sampai sekarang progressnya sekitar angka 70 persen,” ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (21/3).

“Jadi ada dua opsi, kalau tol elevated bisa digunakan selama angkutan lebaran walaupun fungsional kita punya opsi yang pertama bagaimana penanganan di jalan tol. Tapi kalau tidak kita juga punya opsi kedua. Artinya kita sudah siap berbeagai macam polanya,” tambahnya.

Saat ini, pihaknya masih akan terus berkoordinasi dengan Jasa Marga. Budi menegaskan, berbagai opsi bakal terus dilakukan untuk mengupayakan kelancaran dan keamanan dalam arus mudik 2019.

“Ini belum ada statemen resmi dari jasa marga apakah ini bisa selesai digunakan untuk menjadi fungsional,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Budi, pihaknya juga akan melakukan pembatasan kendaraan barang untuk sumbu tiga ke atas. Dalam waktu dekat, pihaknya bakal segera melakukan konsolidasi ke masyarakat.

“Terkait dengan itu kita juga akan melakukan pembatasn kendaraan barang yang sumbu tiga ke atas, itu sudah kita lakukan rapat koordinasi dan tinggal finalisasi. Paling lambat akhir Maret sudah ada keputusan di beberapa jalan tol dan ruas jalan neagra. Jadi awal bulan depan sudah kita konsolidasikan ke masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Hana Adi

Copy Editor :

Kemenhub Buka Opsi Gunakan Tol Layang Jakarta-Cikampek Saat Mudik 2019