alexametrics

Tak Mau Seperti Jiwasraya, Ini Cara BP Jamsostek Kelola Dana Nasabah

21 Februari 2020, 19:30:24 WIB

JawaPos.com – Gejolak di pasar keuangan beberapa waktu belakangan diyakini akan berpengaruh terhadap iklim investasi. Meskipun demikian BP Jamsostek mengklaim tetap berhati-hati dalam menginvestasikan dana nasabah agar tidak bernasib sama seperti PT Jiwasraya (Persero).

Direktur Perencanaan Strategis and Teknologi Informasi BP Jamsostek Sumarjono mengatakan, sepanjang 2019 pihaknya telah mengelola dana sebesar Rp 431 triliun. Dana tersebut ditempatkan pada Surat Utang Negara (jenis SBN) dan sisanya pada obligasi. Sementara untuk portofolio saham akan ditempatkan pada saham jajaran unggulan LQ45.

“Investasi BP Jamsostek menggunakan prinsip kehati-hatian, hasil yang optimal. Jadi sesuai regulasi. Artinya, (yang saham) goreng-goreng, masak-masak kita enggak masuk di sana,” ujarnya di Plaza BP Jamsostek, Jakarta, Jumat (21/2).

Dia memastikan, BP Jamsostek terus berkomitmen dalam mempertahankan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan dana investasi. “Untuk Bapak/Ibu ketahui, kami tidak sembarang dalam menempatkan investasi,” ucapnya.

Di samping itu, pihaknya juga mengusulkan agar pemerintah membentuk satu direktur khusus untuk menangani manajemen risiko investasi dan kepatuhan. Bagian ini berada di luar direktur investasi yang telah ada saat ini.

“Kami mengusulkan, ada direktur yang khusus menangani governance risk management and compliance,” imbuhnya. Menurutnya, BP Jamsostek memerlukan divisi ini karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperketat pengawasan ke depan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads