alexametrics

Tips Berbelanja saat Pandemi Agar Kantong Tidak Bolong

21 Januari 2022, 16:51:11 WIB

JawaPos.com – Tahun 2022 saatnya bangkit dari pandemi Covid-19. Ekonomi dan keuangan sudah mulai pulih, mendorong semangat belanja. Namun jangan berlebihan. Tetaplah menabung untuk keperluan darurat karena pandemi belum selesai.

Dalam diskusi bersama MR.DIY Indonesia, berbagai kebutuhan rumah tangga tetap menjadi favorit selama pandemi. Dimulai dari kebutuhan sekolah, peralatan rumah tangga, otomotif, perkakas, elektronik sampai perhiasan dan kosmetik.

“Tren belanja saat ini memang berubah selama pandemi. Masyarakat lebih senang memilih lokasi toko yang dekat dengan rumah tinggal mereka. Apalagi pemulihan sektor ekonomi semakin baik setelah adanya perlindungan melalui vaksinaksi dan kebijakan pemerintah lainnya,” katanya secara virtual baru-baru ini.

Menurutnya, membaiknya ekonomi juga berdampak terhadap pemulihan transaksi belanja. Produk paling favorit yang dibeli adalah kebutuhan sehari-hari serta kebutuhan anak.

Financial Planner Prita Ghozie mengatakan, sebelum berbelanja tetap dibutuhkan perencanaan belanja agar tidak boros. Sebab kita memiliki pengeluaran tambahan untuk perlengkapan protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kata Prita, untuk memenuhi kebutuhan keluarga, pada tahun 2022 konsumen harus belajar untuk menjadi smart shopper dengan menghitung pengeluaran dengan seksama. Memilih barang berkualitas tapi tetap terjangkau.

“Karena selain hemat, konsumen mendapatkan produk berkualitas serta masih mempunyai sisa dana yang dapat disisihkan untuk kebutuhan lain,” jelas Prita.

Berikut tips ala Prita Ghozie untuk keluarga Indonesia agar siap belanja hemat dan pintar.

1. Cash Flow Seimbang

Selalu membuat anggaran rumah tangga agar pemasukan dan pengeluaran seimbang. Sehingga apapun yang dibeli adalah sesuai skala prioritas.

2. Terencana

Berbelanja menggunakan checklist agar lebih terencana. Sehingga, tak membeli barang yang mubazir.

3. Sesuai Prioritas dan Manfaat

Menerapkan good money habit yaitu mengutamakan manfaat dibandingkan harga murah semata. Apakah memang barang tersebut prioritas atau tidak.

Dengan demikian, prioritasnya adalah mencari produk yang bermanfaat, berkualitas, lalu didukung oleh harga yang hemat.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads