JawaPos Radar

Menteri Susi Usulkan Kapal Asing Yang Disita Jadi Museum Bergerak

20/10/2017, 20:31 WIB | Editor: Mochamad Nur
Menteri Susi Usulkan Kapal Asing Yang Disita Jadi Museum Bergerak
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti punya rencana ciamik dari penyitaan kapal pencuri ikan. Bos maskapai Susi Air itu ingin menjadikan kapal sitaan itu sebagai sebuah museum.

Nantinya, Susi akan menseleksi kapal asing yang disita negara untuk dijadikan museum. Hal itu dilakukan agar kapal yang dijadikan museum bisa semakin menarik.

"Kita inginnya menjadi museum berjalan dengan tulisan illegal fishing no more. Ini untuk duta illegal fishing. Nanti kita buat ada sekitar 10 kapal dari berbagai negara," kata Susi di rumah dinasnya, Jakarta, Jumat (20/10).

Susi menjelaskan, tujuan pihaknya menjadikan kapal asing pencuri ikan itu sebagai museum adalah untuk mengingatkan masyarakat tentang ilegal fishing. Di sisi lain, museum itu juga akan menjadi pengingat bagi pelaku ilegal fishing.

"Jadi terbuka seluruh mata Indonesia bagaimana kapal besar itu menggaruk dan membawa pergi sumber daya perikanan kita. Sekarang mereka takut masuk, mereka semua sekarang transhipmentnya di high sea makanya Indonesia sedang mempromosikan ocean right dan UU fishing sebagai transnational organize crime," terangnya.

Rencananya, Susi akan menempatkannya di daerah Pangandaran, Jawa Barat. Keberadaan museum juga akan membuktikan keseriusan pemerintah bahwa bukan hanya pepesan kosong dalam memberantas ilegal fishing.

"Ini bukti juga. Kalau ditenggelamkan semua nanti dibilang bohong. Ini buktinya lho," imbuh Susi.

"Nanti akan berkeliling Indonesia. Untuk tempat wisata, rencananya akan berpusat di Pangandaran," pungkasnya. 

(cr4/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up