JawaPos Radar

Waspadai Kebijakan Trump, Ini Harapan Krakatau Steel ke Pemerintah

20/03/2018, 19:35 WIB | Editor: Mochamad Nur
Waspadai Kebijakan Trump, Ini Harapan Krakatau Steel ke Pemerintah
Jajaran direksi PT Krakatau Steel Tbk melakukan paparan publik terkait kinerja perseroan (Romys Binekasri/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) harus menghadapi berbagai tantangan dari kebijakan luar negeri yang akan berpengaruh terhadap industri produksi baja. Salah satunya, mewaspadai dampak dari pengenaan bea masuk baja dan aluminium oleh Amerika.

Direktur Pemasaran Perseroan Purwono Widodo dengan pengenaan bea masuk tersebut ada kemungkinan China akan semakin gencar melempar produk bajanya ke negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

“Jika pengalihan ekspor itu terjadi, baja paduan China yang bebas bea masuk anti dumping akan membanjiri Indonesia. Ini dapat mengakibatkan perdagangan yang tidak adil,” ujar Purwono di kawasan Cilegon, Selasa (20/3).

Perseroan berharap pemerintah bisa mengambil tindakan dan melindungi baja lokal dari perdagangan yang dianggap tidak adil itu.

“Salah satu bentuk perlindungan itu dengan menegakkan aturan-aturan peningkatan penggunaan produksi dalam negeri (P3DN) dan prasyarat tingkat komponen dalam negeri (TKDN),” tambah Purwono.

Mengutip dari World Steel Diynamics Fast Track Analysis (3 Januari 2018), disebutkan bahwa industri baja berada di tengah ledakan keuntungan yang luar biasa, meluas, dan berkelanjutan. Ini adalah "Golden Profit Age."

Dalam jangka pendek, kata dia, harga produk baja Hot Rolled akan mencapai USD 700-750 per ton pada akhir kuartal pertama tahun ini.

“Dengan adanya peluang tersebut, kami optimistis bisa meningkatkan volume penjualan dan akan semakin memperbaiki kinerja Perseroan di Semester II tahun 2018 ini,” tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up