JawaPos Radar

Ekspor Produk Tekstil Tumbuh Pesat

20/01/2016, 11:20 WIB | Editor: afni
Ekspor Produk Tekstil Tumbuh Pesat
Ilustrasi ()
Share this image

Jawapos.com– Gejolak keamanan di berbagai negara rupanya memberikan potensi bisnis tersendiri bagi industri tekstil dalam negeri. PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) yang menjadi eksporter seragam tentara adalah salah satu pihak yang melihat potensi itu. Permintaan seragam-seragam khusus untuk kebutuhan pertahanan diyakini terus meningkat.

 

”SRIL (kode perdagangan Sritex di bursa, Red) adalah perusahaan yang mendukung perdamaian dan keamanan dunia. Dari industri tekstil siap mendukung dan mengerjakan pesanan-pesanan yang meningkat,” kata Presiden Direktur SRIL Iwan Setiawan Lukminto setelah peringatan Ke-50 SRIL dan pergantian logo perusahaan.

Meski pesanan meningkat, lanjut Iwan, yang terpenting adalah menjaga kualitas dan pengerjaan yang cepat. Sebab, dua hal itulah yang membuat Indonesia bisa menjadi eksporter seragam tentara dan tenaga keamanan terbesar di dunia. Menurut Iwan, Belgia adalah pesaing kuat untuk pasar tersebut.

Sama seperti Indonesia, Belgia sebenarnya juga punya kualitas produk seragam tentara yang bagus. Namun, Indonesia masih menang dalam hal kecepatan pengiriman dan harga. Hal itu harus dipertahankan agar tidak tergeser Belgia.

Seragam tentara sendiri berkontribusi 20 persen terhadap total produksi SRIL. Pasar SRIL didominasi ekspor sehingga kondisi keamanan dan perekonomian dunia punya eksposur yang tinggi terhadap kinerja perseroan. Kata Iwan, potensi pasar khusus itu masih akan baik dalam sepuluh tahun ke depan. Tinggal bagaimana Indonesia dan SRIL bisa mempertahankan posisinya dalam menguasai pasar tersebut.

Selain pasar ekspor, kebutuhan seragam tentara untuk keperluan dalam negeri masih tinggi. ”SRIL juga sudah menandatangani kontrak pengadaan dengan TNI Angkatan Laut. Kami menyambut baik percepatan kontrak pengadaan barang ini,” lanjutnya. (rin/c9/oki)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up