alexametrics

Prediksi Arus Balik Macet 2-3 Hari, Menhub Siap Gratiskan Tol Kembali

19 Juni 2018, 20:43:18 WIB

JawaPos.com – Sejak Senin (18/6) kepadatan arus balik Lebaran terjadi di sejumlah ruas tol menuju Jakarta. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan kepadatan tersebut akan terjadi selama dua hari dari Selasa (19/6) hingga Rabu (20/6).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan kepadatan di beberapa ruas tol justru akan terjadi hingga tiga hari ke depan atau pada Kamis (21/6). Menurutnya, volume kendaraan dari Jembatan Kali kuto menuju Jakarta akan terjadi lonjakan pada waktu tersebut.

“Hari ini adalah puncak arus balik (balik kali maksudnya). Dari (Jembatan) Kalikuto sampai Jakarta ada lonjalan tinggi mungkin minimal 2 sampai 3 hari kepadatan hampir sama seperti kemarin,” ujarnya di Jakarta, Selasa (19/6).

Meski demikian, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menilai pihaknya bersama Jasa Marga dan Korlantas mampu melakukan sejumlah antisipasi pada titik-titik rawan seperti Tol Cipali maupun Jakarta-Cikampek.

“Apa yg sudah didiskusikan kita memang memberikan suatu amanah untuk memutuskan untuk melakukan diskresi. Hari ini contraflow di Cipali sudah permanen. Itu bisa ditingkat dengan one way. Di Jakarta-Cikampek kita menggunakan dua hal, contraflow dan one way,” jelasnya.

Apabila masih menimbulkan kemacetan hingga 3 kilometer (Km) lebih, pihaknya akan menggratiskan tol untuk membantu mengurai kepadatan. “Apabila ada suatu antre penumpang pemudik melebihi 3 km, maka digratiskan untuk mengurangi kemacetan,” tandasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Prediksi Arus Balik Macet 2-3 Hari, Menhub Siap Gratiskan Tol Kembali