alexametrics

Lima Tol Fungsional Ini Bisa Dilewati Pemudik Tanpa Dikenakan Biaya

19 Mei 2018, 11:57:25 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengoperasikan lima jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran 2018. Kelima jalan tol fungsional tersebut akan dioperasikan selama 24 jam.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi mengatakan, sedianya ada 237 kilometer tol Trans Jawa fungsional yang akan digunakan pada musim mudik lebaran 2018.

“Untuk Trans Jawa ada lima tol yang masih difungsikan secara fungsional yakni Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo mulai dari Salatiga-Kertosuro, Sragen-Ngawi, dan Wilangan-Kertosono,” kata Arie di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5).

Untuk mengoperasikan lima tol fungsional di malam hari, Arie mengatakan pihaknya sudah menyiapkan marka jalan dan penerangan. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Korlantas untuk pengaturan lalu lintas mengenai pintu keluar tol yang akan bertemu langsung dengan jalan nasional.

Asal tahu saja, saat ini panjang total tol Trans Jawa sudah mencapai 1.167 kilometer. Sepanjang 524 kilometer sudah bersifat operasional, sedangkan 237 kilometer masih bersifat fungsional alias gratis. Selain itu, pemudik juga tidak hanya dapat menggunakan jalan tol saja.

Terdapat tiga pilihan bagi yang akan mudik ke Jawa. Di antaranya lintas utara, lintas tengah, dan lintas selatan. Sedangkan untuk jalan tol, pihaknya tengah berupaya supaya pemudik bisa terus melaju hingga ke Surabaya dan Pasuruan.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (ce1/uji/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Lima Tol Fungsional Ini Bisa Dilewati Pemudik Tanpa Dikenakan Biaya