alexametrics

Menko Darmin: MRT Belum Kurangi Rugi Akibat Macet, Tapi Akan Mengurai

19 Maret 2019, 22:28:34 WIB

JawaPos.com – Mass Rapid Transit (MRT) atau Moda Raya Terpadu akan dioperasikan secara komersil pada Minggu (24/3) mendatang. Kehadiran MRT Jakarta ini diharapkan dapat mengurai kemacetan sehingga memangkas waktu tempuh dari Lebak Bulus-Bundaran HI menjadi 30 menit saja.

Akan tetapi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengakui kehadiran MRT Jakarta fase satu ini belum dapat mengurangi kerugian akibat macet di ibukota negara yang nilainya mencapai Rp 65 triliun per tahun.

“Belum (kurangi kerugian). Tapi sebagian iya. Dia mulai mengurai. Terus terang kita sudah ketinggalan jauh dibanding negara lain,” kata Menko Darmin saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau MRT, Selasa (19/3).

Darmin menyebut, ketertinggalannya Indonesia disebabkan tak mengetahui jumlah penghematan jika MRT dibangun, salah satunya kerugian akibat kemacetan. MRT yang hendak diresmikan ini jaraknya hanya 16 kilometer. Sedangkan, di India sudah 300 kilometer hanya di kota New Delhi.

“Kita ketinggalan sekali. Kenapa? Karena selalu enggak kongkrit melihat berapa penghematannya. Tanpa dirasakan, kita sangat membuang waktu banyak di jalan,” jelasnya.

Dalam hal ini, Darmin menyebut tidak boleh semua lembaga yang berhubungan dengan Kementerian Perhubungan yang mengelola. Lebih baik bila hanya ada satu saja yang berwenang menata dan mengelola supaya transportasi publik bisa terintegrasi.

“Untuk di Eropa misalnya, negeri Ratu Elizabeth itu mempunyai zona 1,2 dan 3. Jadi, selama pengguna berada di zona 1, mereka bisa turun pakai lagi tiketnya. Baik bus, metro underground, dan lain-lain. Ada juga yang memakai waktu, pada jam pertama pengguna bisa pakai kemana saja tapi lewat dari waktu yang ditentukan tukar tiket lagi. Kalau dilihat Eropa selalu lebih baik dalam hal transportasi kota dibanding AS,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Uji Sukma Medianti



Close Ads
Menko Darmin: MRT Belum Kurangi Rugi Akibat Macet, Tapi Akan Mengurai