Catat 4 Bisnis Kerajinan Tangan yang Menjanjikan Keuntungan

19 Januari 2020, 14:00:23 WIB

JawaPos.com – Kurangnya lapangan pekerjaan dan semakin ketatnya persaingan dalam berkarir tentu menjadi faktor pendorong sebagian orang untuk membuka bisnis sendiri. Daya kreativitas yang dimiliki seseorang merupakan potensi penting untuk bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Ide-ide kreatif bisa menguntungkan jika diaplikasikan dengan tepat. Salah satu cara untuk merealisasikan ide tersebut menjadi sumber penghasilan adalah dengan membuat bisnis kerajinan tangan (handmade).

Saat ini, usaha kerajinan tangan menjadi semakin bervariasi. Kertas daur ulang, kain perca, hingga  kayu dan biji-bijian pun dapat dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis kerajinan tangan. Potensi kreativitas tentu tidak memiliki batas. Jadi, meski telah banyak orang yang menggeluti bidang usaha kerajinan tangan, ide-ide segar yang dapat menghasilkan produk kerajinan baru dan unik pasti akan selalu muncul.

Jika Anda memiliki minat membangun usaha di bidang kerajinan tangan, berikut adalah beberapa ide kreatif yang patut dicoba. Sebab bisnis produk handmade cukup menjanjikan seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (19/1).

1. Kartu Ucapan atau Hiasan Tulis Tangan

Kartu ucapan tulis atau hiasan tangan biasa disebut hand lettering. Ini merupakan seni menggambar tulisan yang menghasil daya tarik tersendiri. Saat ini, hand lettering telah populer dan mudah untuk ditemui di tempat-tempat umum, seperti di dinding kafe dan papan hiasan di acara pernikahan. Begitu juga dengan kartu ucapan dengan sampul tulis tangan.

Selain menguasai teknik membuat hand lettering, media penulisannya juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Manfaatkan berbagai media umum, seperti kertas, kanvas, dan produk dari keramik agar tulisan bisa tahan lama.

Media yang beragam mungkin akan mengharuskan Anda untuk memiliki metode pewarnaan yang berbeda pula agar hasilnya bisa maksimal. Kini, karya hand lettering semakin digemari karena umumnya penjual menerima request dari konsumen sebagai hadiah untuk hari-hari spesial seperti wisuda, ulang tahun, dan pernikahan.

2. Kerajinan Tangan dari Kayu

Produk alam yang dapat dikreasikan menjadi ide usaha adalah kayu. Daripada membeli kayu baru, Anda dapat mencoba mengolah limbah palet kayu menjadi berbagai produk yang menarik.

Anda bisa mendapatkan bahan tersebut dari supermarket, karena biasanya banyak palet kayu tak terpakai yang sebelumnya digunakan untuk meletakkan barang-barang. Hanya dengan memperbaiki penampilan dan membuatnya lebih kuat, Anda dapat menjadikan limbah palet kayu menjadi meja, kursi, dan rak yang tentunya memiliki fungsi.

Untuk memperoleh hasil yang lebih estetis, Anda dapat memanfaatkan bahan lain sebagai aksesorisnya, seperti kulit sintetis atau tali tampar berukuran sedang. Anda juga dapat membuat pajangan dari talenan yang dihias sebagai bisnis. Anda hanya perlu mengolah talenan dengan membuat lukisan atau lettering pada permukaannya. Bisa juga menempeli hiasan seperti bunga dari kain perca agar lebih memiliki nilai keindahan.

3. Kerajinan Tangan untuk Aksesoris Rambut, Baju, dan Perhiasan

Aksesoris menjadi kebutuhan penting bagi sebagian besar wanita yang berfungsi untuk membuat penampilan mereka terlihat lebih menarik. Aksesoris sepert, kalung, hiasan rambut, bros, dan barang-barang hias lainnya tidak pernah sepi peminat.

Desain dan tren yang terus berganti juga membuat produk tersebut terus diminati sehingga proses produksi pun tak pernah berhenti. Tidak hanya aksesoris keluaran pabrik saja yang menjadi favorit masyarakat.

Saat ini, hiasan yang merupakan hasil dari kerajinan tangan turut menjadi produk yang banyak digemari karena model dan motifnya yang selalu beragam. Jika Anda berminat untuk menjadikan hiasan handmade sebagai ide bisnis, cara yang harus ditempuh tidaklah terlalu rumit.

Anda hanya perlu mencari referensi tentang cara membuat aksesoris di internet, mengumpulkan bahan yang diperlukan, lalu mulai merakitnya. Sebagian besar bahan untuk membuat kerajinan tangan ini sangat mudah ditemukan di toko ATK maupun pasar.

Cara pembuatannya pun mudah ditemukan dan dipahami, baik dalam bentuk teks prosedur maupun video. Apabila menginginkan hasil yang lebih orisinil dan unik, Anda hanya perlu melakukan modifikasi dari model yang sudah ada sesuai dengan daya kreativitas. Pastikan juga untuk membuat desain yang cocok dengan target konsumen Anda agar bisa laku dalam waktu yang cepat.

4. Kreasi Pernak Pernik Dekorasi dari Kain

Apabila Anda memiliki ide untuk membuat kreasi dari kain perca, jangan ragu untuk menjadikan hal tersebut sebagai bisnis. Kain perca dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Anda bisa mendapatkan kain sisa tersebut dari para penjahit ataupun toko kain.

Produk yang dapat dibuat dengan mengolah kain perca sangatlah beragam, tergantung dari kreativitas Anda. Umumnya, kain sisa tersebut akan dikreasikan menjadi sarung bantal, pembungkus perabotan, dan tempat tisu. Namun, Anda dapat menjadikannya sesuatu yang lebih menarik seperti tas kecil, kotak pensil, kantong handphone, dan bahkan dompet koin.

Agar mendapatkan hasil yang unik dan tidak monoton, kombinasikan dengan kain lain seperti flannel, brokat, atau satin. Meski modelnya sederhana, kombinasi bahan, warna, dan motif kain dapat menghasilkan karya yang menarik dan tentu akan membuatnya semakin laku di pasaran.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads