JawaPos Radar

Digelar di Surabaya, Ratusan BUMN Bakal Unjuk Gigi di IBD Expo 2018

18/07/2018, 20:02 WIB | Editor: Mochamad Nur
Digelar di Surabaya, Ratusan BUMN Bakal Unjuk Gigi di IBD Expo 2018
Wakil Ketua IBD Expo 2018, Satrijo Sigit Wirjawan (kanan) (Uji Sukma Medianti/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Untuk ketiga kalinya, Pameran Bisnis dan Pembangunan Indonesia (IBD Expo) akan diselenggarakan pada 3-6 Oktober 2018. Pameran yang akan diikuti oleh ratusan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini akan dilaksanakan di Grand City, Surabaya Jawa Timur.

Wakil Ketua IBD Expo 2018, Satrijo Sigit Wirjawan menuturkan ada beberapa alasan dipilihnya Surabaya sebagai lokasi penyelenggaraan acara. Pertama, ini merupakan arahan langsung dari Menteri BUMN Rini Soemarno.

Dia berasalan sudah dua kali berturut-turut acara IBD Expo dilaksanakan di Jakarta. Dalam hal ini perlu dilakukan penyegaran. Kedua, adalah karena banyaknya perusahaan-perusahaan BUMN yang berkantor pusat di Surabaya dan sekitarnya seperti PT Pelindo III, PT PAL dan lain-lain.

“Perlehatan yang akan digelar di Exhibition & Convention Hall, Grand City, Surabaya, itu juga menjadi ajang pertemuan bergengsi para pelaku usaha BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional dan internasional, serta perwakilan lembaga pemerintah non-kementerian,” kata Sigit di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (18/7).

Selama empat hari penyelenggaraan, perhelatan tahunan NPNC ini tidak hanya diisi dengan kegiatan utama seperti pameran, acara pembukaan, "CEO BUMN Talks", konferensi pers pimpinan BUMN, seminar, dan "business matching".

Sigit mengatakan beberapa artis asal Jawa Timur seperti Via Vallen akan ikut memeriahkan gelaran ini. Acara lain yang biasanya menjadi magnet adalah kesempatan berkarir di perusahaan BUMN. Melalui Job Opportunity yang difasilitasi selama acara, para pencari kerja bisa membawa surat lamaran kerja dan langsung di-apply di lokasi.

Terkait dengan rekor muri dan festival kopi Nusantara, dua kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan Kementerian BUMN agar brand (merek) nasional Indonesia, khususnya kedai kopi garapan perusahaan BUMN, bisa menyaingi perusahaan kedai kopi terbesar dunia Starbucks.

Saat ini banyak BUMN yang memiliki merek kopi yang cukup dikenal, namun hampir semuanya berdiri sendiri-sendiri. Untuk itu, Panitia IBDExpo 2018 akan menyelenggarakan Festival Kopi Nusantara dan Rekor Muri Minum Kopi Terbanyak dengan mengundang BUMN terkait untuk berpartisipasi.

Para pengunjung pameran yang menyaksikan festival kopi dan rekor Muri minum kopi terbanyak yang akan dilaksanakan Panitia Daerah ini berkesempatan untuk mencicipi aneka kopi Nusantara secara gratis.

IBDExpo 2018 diselenggarakan oleh Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN ANTARA) bersama Balai Pustaka (BP), Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), -- tiga BUMN yang tergabung dalam NPNC -- ini mengambil tema "Tak Henti Membangun Negeri".

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up