alexametrics
Arus Balik Lebaran 2018

H+3 Arus Balik, Ini Langkah Kemenhub Urai Kemacetan

18 Juni 2018, 15:07:58 WIB

JawaPos.com – Periode arus balik Lebaran 2018 telah memasuki hari ketiga. Sejumlah ruas jalan sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kepadatan.

Mengantisipasi hal itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi mengatakan, untuk jalur-jalur di daerah, penanganan akan dilakukan oleh Kepolisian dan Dinas Perhubungan Daerah. Kemenhub telah membuka satu arah jalur arteri nasional dari Semarang sampai Tegal dari arah sebaliknya. 

“Kita yang arteri dari Semarang sampai Tegal kan dibuka satu jalur arah sebaliknya. Kemudian mulai di Pejagan kita alihkan ke jalan arteri biasa jalan nasional,” ujarnya kepada JawaPos.com, Senin (18/6).

Ihwal pengalihan arus di Pejagan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Korlantas Polri. Rencananya, sebagian arus kendaraan akan dialihkan ke jalan arteri tanpa menunggu hingga padat.

“Nanti tergantung dari Pak Kakorlantas. Karena itu kan kita melihat kalau kondisi volume kendaraan kalau tidak penuh baru kita keluarkan ke jalan arteri biasa. Jadi kita bagi lantasnya itu,” katanya.

Dia memperkirakan, puncak arus balik akan terjadi pada dua hari ke depan. Menurtnya, periode tersebut menjadi waktu para pemudik pulang ke Jakarta secara bersamaan.

“Hari ini masih biasa saja arusnya, nanti tanggal 19-20. Di Pejagan itu yang diperkirakan akan macet. Sementara itu saja (antisipasinya) sama contraflow biasa, sama nanti di Cipali sama Jakarta-Cikampek,” tegas Budi.

Terkait penggratisan tol, kebijakan itu akan berlaku jika terjadi kemacetan hingga 3 kilometer (Km). Keputusan itu juga diserahkan kembali kepada pihak Korlantas.

“Itu nanti 3 kilometer, tergantung Pak Kakorlantas juga, sudah ada aturannya. Kalau antri 3 km baru dibuka,” tandasnya. 

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/hap/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
H+3 Arus Balik, Ini Langkah Kemenhub Urai Kemacetan