alexametrics

Transaksi Belanja Online Diprediksi Meningkat Tahun ini

18 Mei 2022, 17:29:13 WIB

JawaPos.com – Digital Commerce Confidence Index (DCCI) Lazada kuartal pertama 2022 menunjukkan bahwa penjual di Asia Tenggara optimistis terhadap pertumbuhan bisnis. Sebesar 77 persen responden memperkirakan adanya peningkatan 10 persen penjualan pada tiga bulan berikutnya. Hal itu sejalan dengan mulai bergeliatnya perekonomian dan berkurangnya pembatasan mobilitas.

Chief Strategy Officer Lazada Group Magnus Ekbom juga menyebutkan, berdasar Lazada Consumer Study, 73 persen pembeli di Asia Tenggara memandang belanja daring menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. “Penjual daring yang dapat memahami preferensi dan tren pembeli online akan berada pada posisi yang aman. Mereka dapat bersaing dan memenangkan industri perdagangan digital,” ujarnya.

Untuk mendukung antisipasi pertumbuhan dalam penjualan daring di kuartal II 2022, 74 persen penjual akan meningkatkan inventaris produk hingga 10 persen. Selain itu, 47 persen akan menambahkan sumber daya manusia yang menandai kepercayaan akan pertumbuhan bisnis.

Survei yang dilakukan pada kuartal pertama 2022 dengan melibatkan 766 penjual daring di Asia Tenggara sebagai responden itu juga menunjukkan bahwa kepercayaan penjual tersebar di beberapa kategori, yakni general merchandise (81 persen); fashion (78 persen); dan fast-moving consumer goods (76 persen), menjadi tiga kategori teratas.

“Temuan itu juga sejalan dengan preferensi konsumen belanja daring, di mana fashion serta kesehatan-kecantikan berada di posisi puncak untuk pembelian daring,” kata Magnus.

Sementara itu, Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) optimistis nilai transaksi e-commerce pada tahun ini bisa melejit sesuai perkiraan Bank Indonesia (BI), yakni Rp 526 triliun.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (agf/c12/dio)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads