alexametrics

Capai 97,3 Persen dari Target, 18,5 Juta UMKM Go Digital Tahun ini

18 Mei 2022, 16:21:23 WIB

JawaPos.com – Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memerlukan dukungan kapasitas, pembiayaan, dan pemasaran untuk bangkit. Melalui pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI), Bank Indonesia (BI) mematok business matching UMKM sebesar Rp 263,15 miliar. Baik melalui pameran online maupun offline.

KKI dilaksanakan secara daring pada 18–29 Mei 2022 dan luring pada 26–29 Mei 2022 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC). Acara tersebut diramaikan lebih dari 200 UMKM dari seluruh Indonesia.

Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Yunita Resmi Sari menuturkan, KKI 2022 merupakan sinergi berbagai kementerian/lembaga dan industri. Khususnya dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan Kemenko Maritim dan Investasi.

Agenda tersebut merupakan strategi bersama mendorong inklusi keuangan, menghubungkan UMKM dengan pasar global, serta digitalisasi. Salah satunya melalui penggunaan quick response code Indonesian standard (QRIS) dalam transaksi pembayaran.

Pada KKI tahun lalu, UMKM mendapatkan omzet dan nilai business matching sebesar Rp 239,2 miliar dari 148.716 kunjungan yang diselenggarakan secara hybrid. Tahun ini, Sari berharap sekitar 130 ribu pengunjung menghadiri pameran KKI 2022 yang masih digelar secara hybrid.

Sari mendorong peningkatan kapasitas UMKM melalui adopsi digital sehingga mampu mengembangkan akses pasar yang lebih luas. Termasuk melakukan ekspor dengan kepemilikan hak kekayaan intelektual (HAKI) dan pemenuhan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (han/c7/dio)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads