JawaPos Radar

Bertemu Dubes AS, Ini yang Dibicarakan Mendag Enggar

18/04/2018, 15:30 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Bertemu Dubes AS, Ini yang Dibicarakan Mendag Enggar
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

Jawapos.com - Hari ini, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bertemu dengan Dubes Amerika Serikat Joseph R Donovan. Dalam pertemuan tersebut, Mendag Enggar menyampaikan lima hal mengenai nasib perdagangan antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Dalam pertemuan yang digelar pada Rabu (18/4) di kantor Kemendag, ada lima hal yang dibahas, yakni fair trade, free trade, reciprocal, openness, dan competitiveness.

"Duta Besar (Joseph Donovan) akan ke Amerika Serikat minggu depan. Beliau meminta berbagai masukan kepada kita," ujar Enggar di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (18/4).

Dia menegaskan Indonesia tidak termasuk dalam 16 negara yang menyebabkan perdagangan Amerika Serikat defisit. Salah satu yang disinggung soal pembelian pesawat boeing oleh maskapai Lion Air Grup dari Amerika Serikat.

"Lion Air sendiri sudah MoU untuk membeli Boeing dan masih banyak lagi. Dan ada sumber-sumber perdagangan lain dari Indonesia ke sana. Dan juga sebaliknya secara resiprokal secara bersama-sama meningkatkan perdagangan dan investasi," katanya.

Sekadar informasi, Lion Air Group melakukan pembelian 50 unit pesawat boeing 737 MAX 10 pada Selasa (10/4). Pembelian puluhan unit pesawat itu menghabiskan dana sebesar USD 6,24 miliar atau sekitar Rp 85,5 triliun (kurs Rp 13.700).

Selanjutnya, Enggar juga mengaku sudah berkirim surat kepada USTR (United States Trade Representative) mengenai permintaan pengecualian atas pengenaan baja dan alumunium, karena pada dasarnya baja dan alumunium dipakai juga oleh industri Amerika Serikat untuk beberapa hal.

Adapun, Donovan mengatakan pihaknya menantikan Trade Investment Framework Agreement (TIFA) yang akan diselenggarakan Mei mendatang. Dia bilang pemerintah Amerika Serikat menghendaki adanya hubungan perdagangan yang adil, bebas, dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

(ce1/uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up