alexametrics

Usai jadi Unicorn, Begini Rencana Bisnis Kopi Kenangan

18 Januari 2022, 20:07:33 WIB

JawaPos.com – Setelah mendapat pendanaan seri C sekitar USD 96 juta atau Rp 1,3 triliun, start-up Kopi Kenangan berhasil menjadi perusahaan new retail food and beverages (F&B) unicorn pertama di Asia Tenggara. Tak ingin berpuas menyandang status itu, perseroan melakukan ekspansi bisnis.

Senin (17/1), brand coffee chain dari Indonesia tersebut merilis produk kopi kemasan siap minum atau ready-to-drink (RTD). Mereka bakal menggandeng perusahaan ritel seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret untuk mendistribusikan produk itu ke seluruh Indonesia.

“Kopi Kenangan menyasar pangsa pasar yang lebih luas dengan aksesibilitas mudah dan ketersediaan produk secara masif di seluruh Indonesia,” ujar James Prananto, chief of business development officer dan co-founder Kopi Kenangan, Senin (17/1).

James memaparkan, maraknya produk kopi siap minum dalam kemasan yang beredar di Indonesia menandakan bahwa lini bisnis tersebut memiliki peluang pangsa pasar yang besar. Menurut data terbaru NielsenIQ, pertumbuhan volume rata-rata kategori itu sebelum pandemi adalah 20 persen.

Meski sempat turun pada 2020 karena pandemi, pertumbuhannya segera rebound dan tumbuh 20 persen pada 2021. “Jadi, peluang di sektor ini masih sangat besar,” ucapnya.

November 2021, Kopi Kenangan membentuk perusahaan induk atau holding bernama Kenangan Brands. Holding itu menaungi sejumlah merek. Bukan hanya kopi, tapi juga Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (agf/c18/dio)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads