alexametrics

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Terbuka Luas

17 Oktober 2021, 15:07:51 WIB

JawaPos.com – Potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar dan terbuka luas. Pasalnya, pada tahun 2020 saja kontribusi ekonomi digital sampai mencapai Rp 619 triliun, ini pun dinilai dapat menjadi akselerator bangkitknya roda ekonomi dalam negeri.

Ditambah lagi akan adanya bonus demografi pada 2030 mendatang, artinya jumlah penduduk usia produktif sekitar 15-64 tahun mencapai 60 persen dari total penduduk. Namun, ini harus diimbangi dengan pengembangan ekosistem ekonomi digital, khususnya kepada perempuan.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Septriana Tangkary mengatakan, tak sedikit pelaku UMKM adalah seorang perempuan. Bahkan kontribusinya pun juga cukup besar untuk perekonomian bangsa.

“Kontribusi perempuan untuk perekonomian Indonesia terutama pada UMKM adalah sebesar 64,5 persen. Dalam hal ini, peran teknologi digital sangat berpengaruh dalam pemberdayaan perempuan di bidang UMKM,” terang dia dalam keterangannya, Minggu (17/10).

“Pemanfaatan teknologi digital bagi perempuan sangatlah penting dan perlu terus dikembangkan,” sambungnya.

Pasalnya dengan teknologi, perempuan dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih fleksibel, yakni tugas kantor bisa dikerjakan lewat rumah. Kemudian, peningkatan pemahaman perempuan soal UMKM juga dapat mempromosikan kesetaraan gender.

“Mendukung perempuan makin berdaya, lebih berpartisipasi dalam segala bidang, dan perubahan perilaku masyarakat berbasis digital,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads