alexametrics

Apindo Bicara soal Maybank Pailitkan Pan Brothers

17 Agustus 2021, 20:27:58 WIB

JawaPos.com – PT Pan Brothers Tbk (PBRX) telah diajukan pailit oleh PT Bank Maybank Indonesia Tbk di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Hal itu terkait utang bilateral Pan Brothers terhadap Maybank sebesar USD 4,5 juta. Pengajuan kepailitan ini diajukan Maybank setelah sebelumnya juga mengajukan PKPU dan ditolak Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada 26 Juli 2021 lalu.

Bermula saat utang Pan Brothers mengalami jatuh tempo pada 27 Januari 2021. Kemudian, jatuh tempo utang diperpanjang hingga 12 Februari 2021, sebagai hasil dari kesepakatan bersama kreditur bank. Namun, di tengah upaya negosiasi tersebut muncul gugatan PKPU dari Maybank pada 24 Mei 2021.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Pan Brothers menyatakan pada saat gugatan oleh Maybank diajukan, perusahaan telah secara intens berkomunikasi dengan kreditur bank baik kreditur sindikasi maupun bilateral. Mayoritas kreditur bank lain telah menyatakan dukungan terhadap proses restrukturisasi yang diajukan perusahaan.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani memandang, memang kasus seperti permasalahan Pan Brothers dengan Maybank Indonesia lazim terjadi ketika krisis maupun pandemi seperti saat ini. Namun, dia sangat menyayangkan, langkah Maybank mempailitkan Pan Brothers yang mempunyai angka kinerja yang cukup baik hingga kuartal pertama yang lalu serta jumlah karyawan yang cukup banyak.

“Jadi, mereka omzetnya bagus dan tambah karyawan, going concern bisnisnya bagus. Tapi kenapa harus dipailitkan? Memang tidak memikirkan risiko yang harus dipikul setelah Pan Brothers pailit,” ujarnya dalam keterangannya, Selasa (17/8).

Seperti diketahui, posisi pendapatan PBRX di kuartal I-2021 mencapai USD 126,16 juta, dengan tingkat laba sebesar USD 2,21 juta. Pertumbuhan pendapatan ditopang oleh penjualan lokal sebesar USD 23,57 juta.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads