JawaPos Radar

Jokowi Bangga Pembangunan Infrastruktur Digenjot Sejak Tahun Pertama

16/08/2018, 09:53 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Presiden Jokowi mengungkapkan alasan pemerintahannya menggenjot pembangunan infrastruktur dari Sabang sampai Merauke. Menurutnya, pembangunan infrastruktur bakal menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru dan nilai tambah untuk daerahnya.

Jokowi menegaskan pembangunan infrastruktur telah menjadi fokus pemerintah sejak tahun pertama memimpin.

"Percepatan pembangunan infrastruktur bukan hanya dimaksud untuk mengejar ketertinggalan kita dalam pembangunan infrastruktur dibanding dengan negara lain, melainkan juga menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru yang mampu memberikan nilai tambah bagi daerah-daerah di seluruh penjuru tanah air," ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di Gedung DPR/MPR, Kamis (16/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pembangunan infrastruktur bukan hanya fisik semata. Namun katanya, pemerintah tengah membangun peradaban, membangunan konektivitas budaya.

"Pembangunan infrastruktur fisik harus dilihat sebagai cara untuk mempersatukan kita, mempercepat konektivitas budaya yang bisa mempertemukan berbagai budaya yang berbeda di seluruh Nusantara," kata Jokowi.

"Orang Aceh bisa mudah terhubung dengan orang Papua, orang Rote bisa terhubung dengan saudara-saudara kita di Miangas, sehingga bisa semakin merasakan bahwa kita satu bangsa, satu tanah air," pungkasnya.

(ce1/hap/uji/JPC)

Alur Cerita Berita

Kolaborasi APBN, BUMN, dan Swasta 16/08/2018, 09:53 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up