JawaPos Radar

Berkebaya Merah Marun, Rini Datangi DPR Setelah Bertahun-tahun Dicekal

16/08/2018, 09:16 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Berkebaya Merah Marun, Rini Datangi DPR Setelah Bertahun-tahun Dicekal
Menteri Rini Soemarno, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menko Perekonomian Darmin Nasution (Uji Sukma/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Berkebaya merah marun, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akhirnya bertandang ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam acara Nota Keuangan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019, Kamis (16/8).

Sebelumnya, Rini dicekal datang ke Gedung DPR sejak merebaknya kasus PT Pelindo II (Persero) yang menyeret Mantan Direktur Utama RJ Lino ke ranah hukum. Kasus tersebut ditangani oleh pansus yang diketuai oleh Anggota PDIP Rieke Dyah Pitaloka.

Pelarangan ini berlaku sejak Pansus Angket Pelindo II menyerahkan hasil rekomendasinya ke Paripurna DPR pada 23 Desember 2015. Salah satu poin pansus itu adalah meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan Rini dari jabatan Menteri BUMN. Turunan dari rekomendasi itu, Plt Ketua DPR saat itu Fadli Zon diminta melarang Rini hadir ke DPR.

Praktis hingga kini, Rini tak bisa ke DPR, termasuk membahas program kerja dan anggaran Kementerian BUMN. Saat hendak membahas RKAKL dengan mitranya, Komisi VI DPR, Rini kerap digantikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati atau Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Beberapa kali juga sempat beredar isu kalau DPR akan kembali memanggil Rini dengan mencabut surat rekomendasi tersebut. Namun, hingga kini Rini masih terjegal untuk melakukan komunikasi dengan parlemen.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up