JawaPos Radar

Kembali ke Fitrah

Menengok Tradisi Keluarga Rini Soemarno Saat Hari Raya Idul Fitri

16/06/2018, 14:35 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Menengok Tradisi Keluarga Rini Soemarno Saat Hari Raya Idul Fitri
Menteri BUMN Rini Soemarno berkunjung ke NTT. (Hana Adi/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Hari raya Idul Fitri segera tiba. Ribuan orang mendamba kemenangan setelah menjalani ibadah ramadan selama satu bulan penuh. Tradisi hari raya di setiap negara tentunya berbeda-beda. Begitupun dengan masyarakat Indonesia. Selain menjalani tradisi mudik ada juga tradisi membeli baju baru untuk digunakan di hari lebaran.

Ternyata tradisi itu juga dilakukan di keluarga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno lho! Wanita kelahiran Maryland Amerika Serikat ini mengaku selalu membeli baju baru untuk momen Idul Fitri yang datang setahun sekali itu. Rini mengatakan dirinya sudah membelikan baju baru untuk kedua cucunya.

“Tradisi lebaran pasti baju baru, (apalagi) sekarang kan sudah ada cucunya jadi sudah pesan baju,” kata Rini saat ditemui JawaPos.com beberapa waktu lalu.

Rini mengatakan dalam hal pakaian keluarganya tak memilih untuk membeli model baju muslim seperti kaftan dan lainnya. Namun, ia memilih untuk mengenakan pakaian dengan nuansa tradisional Jawa.

"Kalau kita pakai baju tradisional Jawa," jelasnya.

Sementara itu, Rini menuturkan meski orang tuanya berasal dari Solo dan Klaten, namun tak ada tradisi mudik lagi oleh keluarganya. Pasalnya, sesepuh keluarga beserta keluarga besar hampir semua berdomisili di Jakarta.

Ibu dan ayah Rini Soemarno yang merupakan Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan Kabinet Kerja III periode 1960-1962 sudah meninggal dunia. Hanya bersisa satu bude (kakak dari ayah ibu dalam bahasa Jawa) yang masih ada.

“Ayah ibu sudah meninggal, tante-tante juga sudah engga ada, tinggal ada satu bude beliau umurnya 94 tahun jadi semua kumpul disana di Jakarta semua,” tuturnya.

Sehingga, Rini mengaku akan berlebaran bersama dengan anak-anak, keluarga kakak-kakaknya yakni Ari Soemarno, Ongky Soemarno beserta keponakan-keponakan di Jakarta. Rini juga berencana akan menggelar open house bersama direksi-direksi BUMN di akhir bulan Juni.

"Kali ini kan liburnya lebih panjang, direksi mau jalan-jalan dulu jadi engga pas lebaran open house-nya mungkin akhir bulan," pungkasnya.

(uji/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up