alexametrics

Kadin Yakin Indonesia Bisa jadi Produsen EV Battery Terbesar Dunia

15 September 2021, 17:47:06 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, optimistis Indonesia akan menjadi produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia. Optimisme tersebut seiring dengan pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara yang diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan nilai investasi mencapai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 15,95 triliun.

Arsjad yakin melihat melimpahnya pasokan nikel di Indonesia untuk pembuatan baterai lithium, yang menjadi bahan utama pengembangan mobil listrik. Indonesia sendiri memiliki kandungan nikel yang melimpah.

“Nikel adalah bahan utama pembuatan baterai lithium yang digunakan untuk mobil listrik. Kita bisa menguasai salah satu rantai pasok baterai lithium dan pengembangan mobil listrik dunia,” ujarnya dalam keterangannya yang diterima oleh JawaPos.com, Rabu (15/9).

Namun, kata Arsjad, untuk mencapai cita-cita tersebut, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi, bisa memanfaatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), serta memanfaatkan teknologi yang bisa dikembangkan di dalam negeri. “Kita beli teknologi dari luar negeri untuk dikembangkan di Indonesia. TKDN komponennya banyak di Indonesia, sehingga biaya pembuatan baterai dari Indonesia akan lebih kompetitif,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga menilai bahwa Indonesia akan menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel seperti baterai lithium, baterai listrik, baterai kendaraan listrik. Jokowi bahkan menargetkan realisasinya bisa terwujud dalam 3–4 tahun ke depan.

“Saya yakin 3–4 tahun ke depan, melalui manajemen yang baik, manajemen pengelolaan yang baik,” tutur Jokowi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads