alexametrics

Traveloka Siapkan Kemudahan Tiket untuk Libur Lebaran

15 Mei 2019, 04:04:27 WIB

JawaPos.com – Kebutuhan angkutan mudik semakin meningkat menjelang libur Lebaran 2019. Masyarakat menyasar berbagai pilihan moda transportasi. Mulai dari angkutan darat, laut, maupun udara.

Untuk memudahkan kebutuhan para pemudik, kini perusahaan penjualan tiket secara online berusaha melayani kebutuhan masyarakat. Sebagaimana yang dilakukan Traveloka.

Perusahaan penyedia tiket secara online itu bakal melayani pembelian tiket untuk berbagai moda transportasi seperti tiket pesawat, kereta, bus dan travel, rental mobil hingga antar-jemput bandara.

“Musim libur Lebaran menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia setiap tahun dengan sangat antusias agar bisa merayakan libur Lebaran di kampung halaman bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Oleh karena itu, Traveloka berkomitmen untuk memudahkan pengguna dalam bepergian, menjangkau berbagai destinasi, dan untuk bereksplorasi lebih jauh,” kata CEO Transport Traveloka Caesar Indra dalam acara diskusi bersama media di Jakarta, Selasa (14/5).

Berdasar riset Kementerian Perhubungan (Kemenhub), puncak arus mudik Lebaran diperkirakan jatuh pada 31 Mei 2019. Sementara untuk permintaan moda transportasi udara diperkirakan mengalami penurunan. Sementara, pemudik dengan moda transportasi bus dan kereta diprediksi akan mengalami peningkatan.

Melihat peluang itu, kata Caesar, Traveloka telah menyediakan beragam layanan moda transportasi dalam satu platform. Traveloka juga menawarkan pilihan tiket pesawat dengan tujuan lebih dari 200 ribu pilihan rute. Untuk moda kereta api terdapat 9 ribu kombinasi rute. Sedangkan bus dan travel dengan lebih dari 110 pilihan operator.

“Rental mobil sudah tersedia di 36 kota di Indonesia. Serta, layanan antarjemput bandara telah tersedia di 149 bandara domestik dan luar negeri,” katanya.

ILUSTRASI Traveloka

Head of Growth Management Traveloka Iko Putera menambahkan, sebetulnya tren moda transportasi udara pada Lebaran 2019 masih cukup tinggi. Akan tetapi, permintaan terhadap moda transportasi darat meningkat secara signifikan.

“Untuk kereta api mencapai hingga 30 persen dan 300 persen untuk bus antarkota dibandingkan dengan periode normal,” tuturnya.

Memilih moda transportasi Bus sebagai kendaraan untuk mudik juga bisa menjadi salah satu solusi, terutama bagi pengguna yang ingin menghemat anggaran. Data yang dihimpun dari Traveloka, dengan menggunakan bus dari kota asal (Jakarta) ke berbagai kota tujuan di Pulau Jawa (Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Malang), pengguna bisa menghemat anggaran hingga Rp 950 ribu, jika dibandingkan dengan moda pesawat.

Dengan harga tiket Bus yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp 280 ribu hingga Rp 350 ribu ke kota-kota tersebut, pengguna sudah bisa mendapatkan kenyamanan seperti AC, makanan gratis, kursi recliner. Bahkan, pemudik tidak perlu khawatir dengan jumlah bagasi hingga perlengkapan tidur seperti selimut.

“Traveloka juga berkomitmen memberi pelayanan terhadap konsumen, di mana pengguna tidak perlu khawatir untuk memesan tiket bus secara online di Traveloka. Melalui pilihan moda transportasi bus yang tersedia di Traveloka, pengguna dapat tetap melakukan perjalanan mudik yang nyaman dan dengan harga yang terjangkau,” tuturnya.

Untuk transportasi bus, Traveloka memiliki rute dan jadwal yang lengkap termasuk jadwal bus eksklusif hanya di Traveloka untuk rute Jakarta – Yogya – Solo dan Jakarta – Surabaya – Malang. Selain itu, Traveloka juga menyediakan solusi mudik terjangkau melalui berbagai program promo untuk semua moda transportasi yang tersedia di Traveloka, termasuk promo diskon sampai dengan Rp 100 ribu untuk pembelian tiket bus.

Selain itu, Traveloka menghadirkan layanan pelanggan 24 jam dalam 7 hari penuh, serta Jaminan Tiket Resmi atau 100 persen uang kembali jika terjadi kendala saat keberangkatan. Untuk tiket Pesawat, terdapat juga beragam fitur-fitur tiket pesawat yang memudahkan pengguna seperti Online Check-in, Flight Status, Multi-city, Easy Reschedule, Price Alert, dan lain sebagainya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Igman Ibrahim