alexametrics

Masyarakat Enggak Bisa Sejahtera Kalau Buang Kotoran di Mana-mana

15 Maret 2019, 13:30:30 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan, aspek kebersihan lingkungan berpengaruh besar terhadap kesejahteraan suatu masyarakat dan desa. Sayangnya, hal itu masih belum sepenuhnya teraplikasi dengan baik di masyarakat.

Dia mengatakan, masih ada beberapa masyarakat yang kerap membuang kotoran di sembarang tempat. Padahal, tindakan itu bakal membuat lingkungan menjadi tercemar.

Jika hal itu terus berlanjut maka upaya pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat melalui program penyediaan air bersih dan sanitasi akan sia-sia. Perlu kerja sama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah.

“Masyarakat dan desa nggak bisa sejahtera kalau buang kotoran di mana-mana. Itu betul, kalau buang di halaman itu merembes ke tanah, masuk ke tanah kemudian disedot untuk minum dan minum kotoran itu sendiri. Kemudian dia diare, lalu terus-menerus diberi masukan makanan, keluar, dan nggak jadi gizi,” ujarnya di Serang, Banten, Jumat (15/3).

Menurutnya, jika kebiasaan itu masih terus terjadi, bisa berdampak pada masa depan generasi bangsa. Sebab, apa yang mereka gunakan dan konsumsi didapat dari alam sudah tercemar.

“Kalau anak-anak sering sakit, berat badan kecil, dan otak nggak berkembang. Kalau mau sekolah tinggi nanti dia tidak akan mampu sekolah. Disuruh menghapal Alquran nggak bisa. Maka penting sehat. Air minum dan sanitasi penting,” tuturnya.

Oleh karena itu, dia menitip pesan ke masyarakat agar bisa mendukung program sanitasi dan penyediaan air bersih. Tidak hanya itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia menegaskan bahwa pemerintah terus berkomitmen menyejahterakan masyarakat dalam penyediaan fasilitas umum secara baik.

“Kita hadir bersama BUMN-BUMN seperti PLN. Memberikan sambungan listrik. Tadinya ada yang numpang (listrik) sekarang sudah bisa pakai sendiri. Ini supaya bisa mendapat fasilitas yang baik,” pungkasnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Hana Adi

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
Masyarakat Enggak Bisa Sejahtera Kalau Buang Kotoran di Mana-mana