alexametrics

Bos Propan Raya Kris Rianto Adidarma Raih Indonesia Best CEO 2019

15 Februari 2020, 15:30:09 WIB

JawaPos.com – Ketidakpastian ekonomi global dan belum stabilnya perekonomian domesik menjadi tantangan seorang CEO untuk membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Dinilai membawa terobosan di tengah tantangan tadi, CEO Propan Raya, Kris Rianto Adidarma dianugerahi penghargaan CEO Terbaik 2019 oleh Majalah SWA dan Dunamis Organization Services.

Chief Editor SWA Grup Kemal Effendy Gani mengatakan, ajang pemilihan The Best CEO kali ini adalah untuk mencari seorang pemimpin bisnis yang mampu menghadirkan gagasan baru dan inovasi, baik dalam melakukan transformasi maupun mengubah model bisnis serta mampu membangun kepercayaan kepada para stakeholder terutama karyawan. “CEO-CEO terbaik hasil survei yang kami lakukan tahun ini menunjukkan kemampuan mereka sebagai pemimpin bisnis yang berhasil mengatasi disrupsi tersebut,” ujarnya dalam siaran persnya, Minggu (15/2).

Sementara, Partner Dunamis Organization Services dan Head of Franklin Covey Indonesia Tommy Sudjarwadi, mengatakan, ada empat peran seorang CEO dalam kondisi sekarang. Pertama, dia harus bisa membangun kepercayaan karyawan (Inspire Trust).

Kedua, Create Vision, yakni menentukan tujuan baru perusahaan yang otomatis juga strategi perusahaan. Ketiga, Execute Strategy atau mengeksekusi strategi baru tersebut.

Keempat, Coach Potential atau melakukan coaching dan menempatkan orang-orang yang cocok dan tepat dalam organisasi serta memberi mereka kesempatan dan kontribusi. “Empat parameter inilah sangat kritikal dan cocok untuk mengukur apakah CEO bersangkutan bisa beradaptasi dalam situasi VUCA (volatile, uncertain, complex dan ambigous),” tuturnya.

Beberapa poin yang dilakukan Kris untuk memajukan Propan Raya adalah terus meningkatkan inovasi produk cat ramah lingkungan dan menerapkan teknologi digital 4.0 baik dari sisi proses maupun pemasaran. Dia juga dinilai mendukung pengembangan SDM manusia dibidang pengecatan dengan memberikan pelatihan tukang se-Indonesia agar memiliki keahlian dan meningkatkan taraf hidup.

Kris juga terus berkomitmen mewujudkan usaha-usaha mengangkat arsitektur nusantara serta mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata Indonesia. Kemenangan Kris bersanding dengan CEO Golden Energy Mines Tbk Bonifasius, CEO Alianz Life Indonesia Joos Louwerier, serta CEO PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Anggara Hans Prawira.

Selain itu, ada CEO PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Christian Kartawijaya, CEO PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius, dan CEO Rumah Zakat Indonesia Nur Efendi. Kemudian, CEO PT Bintang Toedjoe Simon Jonatan, Chairman Multi Inti Sarana Group Tedy Agustiansjah, dan CEO Standart Chartered Bank Indonesia Rino Donosoepoetro.

Usai menerima penghargaan, Kris menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan atas pencapaian yang luar biasa ini. “Terima kasih saya ucapkan kepada Majalah SWA, Dunamis Organization Services, tim juri, dan semua pihak yang telah menobatkan saya sebagai Best CEO 2019,” katanya.

Lebih lanjut Kris mengatakan, penghargaan ini dia dedikasikan untuk seluruh karyawan Popan Raya dan keluarga tercinta. “Terutama ayah saya, Hendra Adidarma. I love you,” ucap Kris.

Selain menerima penghargaan, Kris juga didapuk menjadi narasumber dalam program talkshow bertajuk Menjawab Tantangan dan Merebut Peluang Bisnis 2020.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads