alexametrics

Belum Sesuaikan Tarif, Lion Air Butuh Waktu Penurunan Tiket Pesawat

14 Juli 2019, 12:21:44 WIB

JawaPos.com – Maskapai Lion Air masih belum juga mentaati kebijakan penurunan tarif tiket pesawat penerbangan berbiaya murah alias low cost carrier (LCC) domestik. Penurunan tarif tiket pesawat untuk rute dan jam tertentu seharusnya telah dimulai sejak Kamis (11/7) lalu.

Sesuai kesepakatan, dua maskapai penerbangan berbiaya murah yaitu Citilink dan Lion Air diminta memberikan tarif khusus setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu pada pukul 10.00 sampai 14.00 berdasar waktu bandara setempat. Tarif khusus yang harus dibebankan ke pihak maskapai adalah dengan memberikan tarif diskon hingga 50 persen dengan alokasi kursi sebesar 30 persen dari total jumlah kursi per harinya.

Berdasarkan penelusuran JawaPos.com melalui aplikasi Online Travel Agent (OTA) sampai Minggu (14/7) ini,  maskapai Lion Air masih menerapkan tarif normal pada rute dan waktu penerbangan tertentu tersebut. Misalnya penerbangan dari Jakarta menuju Makassar pada hari Kamis (14/7), Lion Air masih membanderol tiketnya dengan tarif normal sekitar  Rp 1,4 juta. Begitu juga penerbangan Jakarta menuju Pontianak, maskapai berlambang Singa itu masih menerapkan tarif normal sebesar Rp 1,1 juta.

Selain kedua rute penerbangan tersebut, tarif tiket normal juga terlihat pada 146 flight yang telah dijanjikan oleh pihak Lion Air. Saat JawaPos.com berusaha mengkonfirmasi hal ini, pihak Lion Air masih enggan memberikan keterangan pada awak media terkait alasannya yang belum menyesuaikan tarif tiket pesawat.

Sedangkan, Sesmen Kemenko Perekonomian Susiwijono mengaku telah bertemu pihak maskapai Lion Air di kantornya untuk membahas teknis penerapan tarif tiket pesawat LCC domestik yang telah berlaku. Diakui Susi, pihak Lion Air menjelaskan kalau penyesuaian tarif tiket pesawat memerlukan waktu.

“Pas rapat teknis itulah Lion Air melaporkan kalau mereka perlu waktu untuk melakukan update sistem reservasi tiket mereka, untuk dilakukan adjusment dengan kebijakan penurunan tiket,” kata Susi kepada JawaPos.com, Minggu (14/7).

Susi menyatakan bahwa maskapai Lion Air berjanji penyesuaian sistem tersebut tidak akan berlangsung lama. Terhitung pada pekan depan, Lion Air akan bisa menerapkan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Mereka baru akan selesai update sistem dan siap memberlakukan di hari Kamis minggu depan,” katanya.

Sedangkan untuk maskapai Citilink, imbuh dia, telah mulai menyesuaikan tarif tiket pesawat LCC domestik sejak hari pertama peraturan tersebut diberlakukan. Sehingga penumpang mulai bisa langsung memberlakukan kebijakan penurunan tiket di sistem reservasinya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Igman Ibrahim



Close Ads