alexametrics

Pedagang Pasar Sebut Fluktuasi Harga Pangan saat ini Masih Taraf Wajar

14 April 2022, 19:19:52 WIB

JawaPos.com – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) mengingatkan bahwa akan ada tahapan kenaikan permintaan bahan pokok sepanjang Ramadan. Hal ini berimbas naiknya harga-harga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Wasekjend Bidang Pembinaan dan Pendidikan Pedagang Pasar DPP IKAPPI Choirul Furqon menjelaskan, fase pertama kenaikan harga bahan pokok pada bulan Ramadan telah terlewati. Ini patut disyukuri.

“Kita harus bersyukur bahwa kemarin kita telah melewati fase pertama bulan Ramadhan. Dalam fase ini terlihat jelas bahwa kenaikan harga pangan pokok sangat terlihat dan hampir tidak terkendali,” jelasnya kepada JawaPos.com, Kamis (14/4).

Ia menuturkan, bahwa saat ini masyarakat sedang menjalani fase kedua sampai ketiga menyambut Idul Fitri. Menurutnya, pada waktu transisi fase pertama dan kedua, terjadi penurunan permintaan pada pertengahan Ramadan. Kemudian, harga pangan akan mengalami lonjakan tinggi di pengujung Ramadan menuju Hari Raya Idul Fitri.

“Jangan dilupakan bahwa menjelang Idul Fitri masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan bahwa pedagang dan masyarakat mempersiapkan beragam macam hidangan. Hal ini menjadikan munculnya permintaan yang tinggi dan lonjakan harga akan terjadi,” imbuhnya.

Menurutnya, fluktuasi harga ini wajar, namun harus tetap diwaspadai. “Fluktuasi harga ini sangat wajar karena berkaitan dengan proses supply and demand. Namun pemerintah juga harus sadar, fase setiap tahun ini harus selalu diwaspadai,” tambah Furqon.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads