JawaPos Radar

Jurus Kemenhub Antisipasi Longsor Saat Libur Panjang

13/12/2017, 17:39 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memiliki strategi dalam mengantisipasi bencana longsor di berbagai daerah saat libur panjang. Menhub Budi meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta Dinas PU untuk menyiapkan sejumlah alat berat di lokasi rawan longsor.

Menurutnya, cara itu dilakukan agar penanganan terhadap longsor bisa cepat terselesaikan. Sebab jika tidak, multiplier efek akan dirasakan oleh para pengguna jalan.

"Berkaitan dengan longsor, itu ada dimana-mana baik itu di kereta api maupun di jalan-jalan. Oleh karenanya, kita akan menulis surat kepada kementerian PU dan Dinas PU, agar di tempat-tempat potensi longsor sudah di suplai bahan dan traktor yang dimungkinkan untuk menyelesaikan longsor secepat mungkin. Sehingga ada satu radius area service dari kendaraan atau truk atau traktor untuk menyelesaikan," ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (13/12).

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan investigasi terhadap beberapa proyek-proyek di sejumlah ruas. Nantinya, proyek-proyek tersebut akan diminta untuk dihentikan sementara pada saat libur natal dan tahun baru.

"Proyek di lapangan, kita akan lakukan investigasi dan pengamatan di lokasi proyek yang mulai tanggal 22 Desember 2017 tidak beroperasi dan kita minta juga pagar-pagar tidak berguna yang mengakibatkan jalan itu sempit itu dibongkat semuanya. Dirjen Darat akan melakukan inspeksi sehingga tanggal 22 (Desember) itu sudah siap," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up