alexametrics

Langkah Bekraf Dorong Perkembangan Industri Game Online

13 Juni 2019, 13:52:34 WIB

JawaPos.com – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus mendorong kinerja industri kreatif di Indonesia. Khususnya terkait game. Karena itu, Bekraf menggandeng Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan INSIDEA untuk mengembangkan industri kreatif tersebut. Rencananya, Bekraf dan dua mitranya itu akan menggelar Bekraf Game Prime 2019 pada Juli mendatang.

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari menjelaskan, industri game di Indonesia sedang berkembang pesat. Saat ini jumlah gamer di tanah air mencapai 43,7 juta. Angka itu terus bertambah seiring melambungnya popularitas e-sport di Indonesia. Selain banyak peminatnya, e-sport mendatangkan penghasilan yang tidak sedikit.

Data terbaru Newzoo menunjukkan bahwa pendapatan industri game Indonesia mencapai USD 879,7 juta atau senilai Rp 13 triliun pada 2018. Itu menempatkan Indonesia pada peringkat ke-16 pasar game terbesar dunia. ’’Karena itu, Bekraf akan terus membangun ekosistem ekonomi kreatif dengan prioritas industri game,’’ terang Hari seperti dikutip Jawa Pos, Kamis (13/6).

Dia menambahkan, game pada zaman sekarang bukan sekadar entertainment. Game juga menjadi alat edukasi, periklanan, dan pendukung ekonomi kreatif. Karena itu, tahun ini Bekraf akan fokus membantu game developer dan publisher lokal untuk menaikkan market share. Caranya, menggelar Bekraf Game Prime 2019.

’’Event ini nanti bisa menjadi ajang berkumpulnya para developer, publisher, investor, dan consumer game di tanah air,’’ kata Hari. Dia menambahkan, Bekraf menangani industri game dari hulu ke hilir. Karena itu, Bekraf berharap semua produk game lokal dapat beradaptasi dengan tren secara cepat dan mampu bersaing di tingkat global.

Tahun ini Bekraf Game Prime akan mengusung konsep eksibisi. Tahun lalu Bekraf Game Prime mencatatkan jumlah pengunjung sekitar 16 ribu orang. Survei AppAnnie dan Newzoo menyebut Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR), e-sport, dan serious games adalah masa depan industri game. ’’Bekraf Game Prime 2019 bisa jadi tolok ukur industri game Indonesia dan Asia Tenggara,’’ tegasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : car/c19/hep