alexametrics

Sandi: Indonesia Pasar Besar, Jangan Fokus Impor Termasuk E-Sports

13 April 2019, 22:36:58 WIB

JawaPos.com – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menjawab pertanyaan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dalam debat kelima capres-cawapres tentang pengembangan e-sport, salah satunya Mobile Legend (ML) di Indonesia.

Menurutnnya, pemerintah jangan hanya fokus terhadap e-sports, tapi menciptakan lapangan kerja dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. Sebagaimana diketahui, Moonton merupakan perusahaan yang berasal dari Tiongkok. Dia adalah developer dari sebuah game yang fenomenal di Indonesia, itu adalah game bergenre MOBA mobile version yang bisa dibilang pertama masuk ke Indonesia dan berhasil mengguncang dunia game di Indonesia.

“Kuncinya enterpeneurship (kewirausahaan), kuncinya pemerintah meregulasi. Jangan sampai Indonesia yang tentunya dengan pasar besar ini hanya fokus oleh produk impor termasuk e-sports,” ujarnya, Sabtu (13/3).

Lebih lanjut, Sandi mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Rumah Siap Kerja. Langkah itu dilakukan agar ke depannya bisa menciptakan SDM yang berkualitas dan siap kerja. Di sisi lain, dia juga berharap e-sports tidak menjerumuskan akhlak generasi Indonesia.

“Kami akan bekerjasama untuk rumah siap kerja, kita buat event pelatihan untuk jadi kejuaraan dunia, tapi jangan sampai e-sports mempengaruhi generasi kita terhadap akhlaknya. Rumah siap kerja siap melakukan dan langsung konkrit untuk pengembangan e-sports,” tuturnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga menegaskan jika Indonesia masih memiliki peluang besar dalam pengembangan ekonomi kreatif. Untuk itu, pihaknya optimis bisa menciptakan produk-produk ekonomi kreatif yang bisa dominan di dunia.

“Kita memilki peluang untuk menciptakan produk yang menguasai dunia. Karena ekonomi kreatif ini anak milenial Indonesia hebat ini,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Hana Adi

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads