JawaPos Radar

Arcandra Kaget Negara Ini Jual Harga LPG Satu Dolar

13/03/2018, 17:49 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Arcandra Kaget Negara Ini Jual Harga LPG Satu Dolar
pekerja PGN merawat jaringan gas di derah operasi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

Jawapos.com - Dalam kunjungannya ke beberapa negara selama 10 hari, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar menyambangi Aljazair. Arcandra secara khusus mencari tahu kebenaran harga gas industri seharga USD 1 di Aljazair.

"Harga itu berdasarkan titipan pertanyaan Kementerian Perindustrian, apakah Pupuk Indonesia bisa masuk di sana dengan harga USD 1," kata Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (13/3).

Kata Arcandra, ternyata memang ada harga gas satu dolar di Aljazair. Namun, itu bukan harga gas industri melainkan gas LPG. Sebagai negara sosialis, kata Arcandra, Aljazair bisa saja menjual harga gas LPG satu dolar untuk kepentingan masyarakat domestik.

Arcandra Kaget Negara Ini Jual Harga LPG Satu Dolar
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (Dok. Jawapos.com)

"Saya tanyakan lagi apakah untuk harga ekspor juga USD 1. Ternyata mereka jawab mereka punya pipa untuk mengalirkan gas ke Eropa. Tapi harga jualnya 10 persen dari harga minyak dunia hari untuk ekspor sekitar USD 6 dolar," jelasnya.

Arcandra mengatakan bukan hanya Aljazair, ada pula negara lain yang menjual harga bahan bakar minyak untuk kebutuhan dalam negerinya sangat murah, seperti Arab Saudi. Hal ini tergantung pada kebijakan negara masing-masing. Lalu, bagaimana dengan harga bahan bakar dan LPG di Indonesia? Arcandra mengatakan harga energi yang ada saat ini sudah harga terbaik yang bisa diberikan oleh pemerintah.

"Apakah kita bisa? Harga yang sekarang adalah yang terbaik, di mana masing-masing negara ada yang bisa menjual dengan harga segitu,” ungkapnya.

Meski menjual harga untuk domestik sangat murah, tetapi untuk kebutuhan ekspor, harga gas di negara-negara tersebut dijual dengan harga pasar.

"Sama (harganya) seperti apa yang Indonesia jual yakni 10 persen dari harga minyak dunia. Artinya untuk kebutuhan ekspor, pemerintah Aljazair menjual dengan harga USD 6 per MMBTU," pungkas Arcandra.

(ce1/uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up